Gedung Mal Pelayanan Publik Pekanbaru Ludes Diamuk Si Jago Merah


Dibaca: 1664 kali 
Ahad, 05 Maret 2023 - 13:00:15 WIB
Gedung Mal Pelayanan Publik Pekanbaru Ludes Diamuk Si Jago Merah https://youtu.be/u9lWJp_ih0E

Pekanbaru, Hariantimes.com - Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Sudirman terbakar, Minggu (05/03/2023) pagi sekira pukul 09.30 WIB.

Api yang cukup besar membakar sebagian gedung di gedung MPP ini menyita perhatian warga dan pengendara yang melintas di Jalan Jendral Sudirman. Mereka berhenti sejenak untuk melihat dan mengabadikan serta memviralkan peristiwa kebakaran ini ke media sosial.

Bahkan video kebakaran gedung MPP Pekanbaru juga ramai beredar di sejumlah group whatsapp masyarakat. 

Api diduga berasal dari ruangan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru yang berada di lantai dua gedung. 

Si jago merah membara dan telah menghabiskan bagian utara gedung hingga bagian selatan Gedung MPP itu. Sejumlah mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan belum mampu menjinakkan api hingga pukul 11.15 WIB api masih menyala di atas atap bagian selatan hingga melahap bagian bawah gedung.

Seorang pekerja cleaning service di Kantor MPP Fauzi menjelaskan, dirinya sedang berada di Ruang IT lantai III Gedung MPP dan melihat pegawai ada yang bekerja di komputer kantor itu tiba-tiba api sudah menyala dan membesar.

"Saya dan beberapa pegawai yang sedang kerja di komputer  di situ sudah berupaya memadamkan api, tapi saya tak kuasa api terus membesar. Kami tak melihat ada alat pemadam api," jelas Fauzi.

Salah seorang petugas jaga di gedung MPP Pekanbaru, R Firdaus mengaku saat terjadi kebakaran sedang berada di dalam gedung Disdukcapil yang terintegrasi dengan gedung utama MPP. 

"Saya tidak tahu persis penyebab kejadian ini bang. Tadi saya berada di gedung Capil mempersiapkan tempat untuk acara besok, tapi tiba-tiba sudah banyak kepulan secepatnya yang cepat," kata Firdaus.

Diceritakannya, di lapangan MPP Pekanbaru dalam kondisi ramai saat asap mengepul. Dan di lapangan sekolah anak-anak tengah ramai menjalankan upacara Paskibraka. 

"Saya lagi di Capil untuk persiapan besok, tiba-tiba asap tebal muncul dari lantai 3 (gedung utama)," ujarnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Akmal Khairi mengatakan belum mengetahui pasti sumber api. Namun diduga api berasal dari salah satu ruangan di lantai dua gedung. 

Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun yang diberitahu kejadian ini pukul 10.00 WIB langsung ke TKP.

"Saya baru dapat kabar. Kabarnya ada korsleting dari salah satu ruangan," kata Akmal Khairi. 

Akmal mengaku saat ini dirinya tengah menuju ke lokasi kejadian untuk melihat kondisi MPP Pekanbaru. Pihak pemadam kebakaran juga sudah dalam perjalanan menuju ke lokasi kejadian. 

"Sumber api kami belum tahu dari mana, sedang diselidiki," jelasnya.(*)