Maju Bacaleg DPR RI Dapil 2 Riau, Intsiawati Ayus Memilih Perindo sebagai Perahu Politik


Dibaca: 1659 kali 
Selasa, 28 Februari 2023 - 19:50:54 WIB
Maju Bacaleg DPR RI Dapil 2 Riau, Intsiawati Ayus Memilih Perindo sebagai Perahu Politik Bacaleg DPR RI Dapil Riau, Intsiawati Ayus saat diskusi politik di Wareh Kupi Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru, Selasa (28/02/2023) sore. (foto Zulmiron)

Pekanbaru, Hariantimes.com - Intsiawati Ayus (IA) resmi memilih bergabung dengan Partai Perindo sebagai perahu politik untuk maju menjadi bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI daerah pemilihan (dapil) 2 Riau.

Bergabungnya Intsiawati ini, setidaknya menambah panjang deretan sejumlah tokoh politik Indonesia yang bergabung dengan partai besutan Hary Tanoesoedibjo (HT) ini.

Keputusan Intsiawati Ayus memilih Partai Perindo sebagai kendaraan politiknya menuju kursi DPR RI pada Pemilu 2024 nanti, ternyata karena ada jaminan langsung dari Ketua Umum (Ketum) Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

"Jadi mengapa saya pindah ke Perindo? karena jaminan itu saya dapatkan dari Ketum Pak Hary Tanoesoedibjo. Jika  suara saya unggul pada pileg nanti, saya benar-benar akan mendapatkan hak saya sebagai anggota DPR RI. Saya perlu tekankan ini, karena sistem politik kita adalah proporsional tertutup. Apa saja bisa terjadi di luar perkiraan kita, karena sistem ini sangat bergantung pada ketua umum dan kompromi politik. Untuk itu saya perlu sebuah kepastian," tegas wanita kelahiran 04 Mei 1968 ini saat jumpa pers dengan wartawan Wareh Kupi Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru, Selasa (28/02/2023) sore.

Lantas kenapa IA memilih Perindo dan meninggalkan Nasdem yang disebut-sebut sangat beresiko, mengingat Perindo termasuk partai baru dan tidak ada kursi di parlemen? Ditambah lagi presiden threshold pada Pemilu 2024 nanti naik jadi empat persen. Itu artinya sebagai partai baru akan semakin sulit bagi Perindo untuk memenuhi persyaratan ambang batas suara tersebut.

Menjawab pertanyaan itu, putri pertama dari Datuk H Asman Yunus dan cucu Walikota Pekanbaru ke-4 (1 Juni 1956-14 Mei 1958) Muhammad Yunus ini menyatakan pilihan ini memang sangat beresiko. Apalagi sekarang daerah pemilihan berada di dapil dua Riau.

"Pastinya saya akan mulai dari nol lagi. Tapi saya yakin, insya Allah, saya bisa," ujarnya.

Terkait alasan dirinya menyeberang ke DPR RI, lantaran kebijakan DPD RI memiliki batas, Instiawati Ayus menyebutkan, kebijakan di negeri ini merupakan kompromi politik dengan kekuatan kompromi partai politik (parpol). 

"Masalahnya untuk duduk menjadi agen kompromi itu, dilihat pula kapasitasnya. Kompromi tak berjalan tanpa kekuatan partai. Dan setiap partai politik itu punyak mashab masing-masing," katanya.

Empat Periode di DPD RI

Popularitas Intsiawati Ayus sebagai politisi memang tidak diragukan lagi di Riau. Empat periode terpilih menjadi anggota DPD RI adalah bukti nyata.  Bahkan Srikandi Riau ini mampu meraih suara tertinggi pada pileg lalu dibanding caleg-caleg lainnya. Kunci suksesnya tentu karena lebih banyak berbuat untuk masyarakat daripada menebar janji-janji manis lewat kampanye.

"Yang selalu saya tekankan pada diri saya adalah, beri masyarakat sesuatu yang bermanfaat untuk kehidupan mereka. Mereka butuh aliran listrik ke rumah mereka ya, harus bisa kita penuhi. Mereka butuh rumah untuk berteduh ya kita fasilitasi melalui Dinas PUPR. Begitu yang saya lakukan selama ini, tidak melulu kampanye dan menebar janji-janji," ujar salah satu politisi wanita asal Riau yang cukup lama menduduki kursi DPD RI ini.

Dengan masa kerja selama 20 tahun, Instiwati Ayus mengaku merasa "tak layak" lagi berada di DPD yang kewenangannya sangat terbatas. Itu tentu sangat berbeda dengan sosoknya yang selalu rindu dengan tantangan-tantangan baru dan hal-hal yang baru.

"Empat tahun sudah cukup bagi saya  memahami tugas dan peran DPD RI sebagaimana yang ada di UUD 1945 pasal 22D.  Dengan segala kewenangannya yang terbatas,  ruang saya juga sangat terbatas untuk dapat melakukan fungsi-fungsi legislasi. Sementara lahirnya sebuah produk regulasi masuk dalam pembahasan tingkat dua dan penetapan ada di DPR RI," jelas Intsiawati Ayus yang saat ini telah memantapkan pilihannya maju sebagai bacaleg dari Partai Perindo pada pileg 2024 nanti dari daerah pemilihan dua meliputi Kabupaten Kampar, Indragiri Hilir (Inhil), Indragiri Hulu (Inhu), Pelalawan dan Kuantan Singingi (Kuansing) ini.

Sebelumnya, Intsiawati Ayus sempat akan bergabung jadi bakal calon legislatif Partai Nasdem lewat dapil Riau satu meliputi Pekanbaru, Siak, Bengkalis, Dumai, Kepulauan Meranti, Rokan Hilir (Rohil) dan Rokan Hulu (Rohul).(*)