Lawatan ke Malaysia dan Singapura, Gubri Jajaki Kerjasama Pendidikan, Riset dan Pelatihan


Dibaca: 2633 kali 
Senin, 27 Februari 2023 - 15:10:00 WIB
Lawatan ke Malaysia dan Singapura, Gubri Jajaki Kerjasama Pendidikan, Riset dan Pelatihan

Kuala Lumpur, Hariantimes.com - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar beserta rombongan melakukan lawatan ke Malaysia dan Singapura guna menjajaki kerjasama pendidikan, riset dan pelatihan di sejumlah lembaga dan perguruan tinggi di negeri jiran tersebut.

Gubernur Riau yang didampingi sejumlah kepala dinas serta lembaga kompeten bertolak dari Pekanbaru, Senin (27/2/2023) dan langsung menuju Kuala Lumpur untuk selanjutnya melakukan sejumlah agenda yang telah disiapkan.

Dari Kuala Lumpur dilaporkan, Gubernur Riau Syamsuar akan mengawali kunjungan ke International Institute for Halal Research and Training (INHART) International Islamic Universiti Malaysia (IIUM), Selasa (28/02/2023).

Menurut Gubernur Syamsuar, mereka akan meminta masukan dari INHART IIUM menyangkut pengembangan insfrastruktur dan kluster industri halal. Ini terkait dengan program Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Riau.

''Melalui Prof Irwandi Jaswir dan INHART kita akan berkonsultasi dan meminta pandangan dalam rangka kita menjadikan Provinsi Riau sebagai Pusat Pengembangan Ekonomi Halal dan Keuangan Syariah,'' ujarnya.

Menurut Wakil Ketua KDEKS Riau yang juga Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Riau, H. Abdul Rasyid Suharto kunjungan ini diharapkan dapat membantu merealisasikan Riau sebagai pusat riset halal.

Dengan kepakaran yang dimiliki INHART, apalagi salah satu pakarnya yakni Prof Irwandi Jaswir adalah orang Riau,  akan membantu Riau untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia.

Selain itu, Gubernur Riau juga akan berkunjung Universitas Teknologi Petronas di Perak. Dari perguruan ini diharapkan akan ada transfer knowledge terutama dalam perminyakan. Diharapkan nanti akan ada kerjasama Teknik Perminyakan UIR dengan Universitas Teknologi Petronas.

Rombongan Gubernur Riau juga akan berkunjung ke Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Selama ini kerjasama Pemprov Riau dengan UKM sudah berlangsung. Kini kunjungan akan memperkuat bidang pendidikan, pelatihan, peningkatan SDM, tenaga penddidik dan kependidikan.

Selain  itu Gubernur Riau Syamsuar juga akan berkunjung ke Kajang Plaza Medical Centre. Kunjungan ini dalam rangka menjajaki kerjasama di bidang kesehatan. Disamping itu Gubernur Riau juga akan melakukan kunjungan ke KBRI di Kuala Lumpur.

Dari Kuala Lumpur, Gubernur Riau dan rombongan akan bertolak ke Singapura. Di negeri Singa itu Gubernur Syamsuar dan rombongan akan menyaksikan Singapura Muslim Festival yang berlangsung di Singapore Expo Convention and Exhibition Centre.(*)