PHR Bersama KKKS dan SKK Migas Ikut Meriahkan Kampar Expo 2023


Dibaca: 872 kali 
Ahad, 26 Februari 2023 - 15:31:19 WIB
PHR Bersama KKKS dan SKK Migas Ikut Meriahkan Kampar Expo 2023 Pengunjung antusias mendengarkan pemaparan tentang operasi hulu Migas di stand KKKS dan SKK Migas di Kampar Expo 2023.

Kampar, Hariantimes.com - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan SKK Migas ikut meramaikan Kampar Expo 2023 di Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau.

Perhelatan yang digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Kampar Ke-73 ini akan berlangsung 23 sampai 28 Februari 2023 mendatang.

Bersama SKK Migas, PHR dan KKKS turut  menghadirkan stand pameran yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Bangkinang.

Selama kegiatan berlangsung, PHR dan KKKS dijadwalkan memberikan edukasi dan informasi kepada siswa SMA/SMK dan Madrasah terkait kegiatan operasi hulu migas di Kampar.

Enam KKKS yang terlibat  dalam Kampar Expo 2023 yakni PHR, EMP Bentu, BSP, PHE Siak, SPR Langgak dan Texcal Mahato.

Siswa yang hadir di stand KKKS dapat mengikuti pemaparan materi tentang ekplorasi dan ekploitasi Migas yang disampaikan oleh narasumber profesional di bidang perminyakan. Para siswa diharapkan dapat memahami pentingnya kegiatan hulu migas untuk ketahanan energi Indonesia.

Pada Selasa, 28 Februari 2023 nanti, Tim PHR dijadwalkan memberikan materi tentang geologi perminyakan kepada siswa. Para siswa juga diberi pemahaman tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

"Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi inspirasi serta meningkatkan minat dan pemahaman siswa di bidang energi dan perminyakan," kata Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto.

Melalui program kerja massif agresif, PHR terus berupaya meningkatkan produksi. Pada Desember 2022 lalu, PHR menerima dua anugerah Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas capaian pengeboran dan perawatan sumur (well services) terbanyak dalam satu tahun.

“Selain meningkatkan produksi, PHR juga fokus mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat dan lingkungan. Sebanyak 30 program pemberdayaan masyarakat, 21 mitra pelaksana Serta meraih sebelas penghargaan baik lokal, nasional maupun internasional,” jelas Rudi.

Untuk daerah Kampar, PHR turut andil dalam medukung program pemerintah dalam pencegahan stunting. Kolaborasi PHR bersama Pemkab Kampar dalam menurunkan stunting bahkan mendapat apresiasi tinggi dari Presiden RI Joko Widodo belum lama ini karena dinilai sukses menurunkan angka stunting dari presentase 27 menurun ke 8 persen.

PHR turut membina masyarakat Desa Koto Masjid dalam pengembangan budi daya patin. Desa yang dijuluki kampung patin itu bahkan meraih Juara 2 sebagai Desa Wisata terbaik Nasional dan mendapatkan sertifikat Desa Wisata berkelanjutan pada 2022 lalu.

PHR juga memiliki program Desa Energi Berdikari bagi 400 masyarakat Kampar. Pada program ini, PHR mendampingi masyarakat secara mandiri memanfaatkan ampas biogas menjadi pupuk organik.

Keberadaan stand PHR, KKKS dan SKK Migas disambut antusias masyarakat. Pengunjung ramai mendatangi stand guna meningkatkan pemahaman industri migas. PHR dan KKKS turut melibatkan UMKM binaannya untuk menampilkan produk unggulan baik berupa makanan maupun kerajinan tangan.

Kegiatan Kampar Expo 2023 dibuka Pj Bupati Kampar Kamsol, Jumat malam (24/2). Pembukaan Kampar Expo berlangsung meriah dengan pertunjukan seni budaya dan panggung hiburan.

# # # # # #

TENTANG PHR WK ROKAN

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak dalam bidang usaha hulu minyak dan gas bumi di bawah Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHR berdiri sejak 20 Desember 2018. Pertamina mendapatkan amanah dari Pemerintah Indonesia untuk mengelola Wilayah Kerja Rokan sejak 9 Agustus 2021.

Pertamina menugaskan PHR untuk melakukan proses alih kelola dari operator sebelumnya. Proses transisi berjalan selamat, lancar dan andal. PHR melanjutkan pengelolaan WK Rokan selama 20 tahun, mulai 9 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2041.

Daerah operasi WK Rokan seluas sekitar 6.200 km2 berada di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terdapat 80 lapangan aktif dengan 11.300 sumur dan 35 stasiun pengumpul (gathering stations). WK Rokan memproduksi seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga produksi pertamina.

Selain memproduksi minyak dan gas bagi negara, PHR mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat dan lingkungan.(*)