Tim BPPKKH Serahkan Surat Permohonan Persetujuan dan Naskah Akademik ke Bupati Kuansing


Dibaca: 1012 kali 
Jumat, 17 Februari 2023 - 13:15:44 WIB
Tim BPPKKH Serahkan Surat Permohonan Persetujuan dan Naskah Akademik ke Bupati Kuansing Tim BPPKKH berjumpa dengan Bupati Kuansing Datuk Panglimo Dalam Suardiman Amby Ak MM untuk memberikan surat permohonan persetujuan dan naskah akademik tentang rencana Pembentukan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Kuantan Hulu, Kamis (16/02/2023) malam.

Kuansing, Hariantimes.com - Tim dari Badan Pekerja Pembentukan Kabupaten Kuantan Hulu (BPPKKH) berjumpa dengan Bupati Kuantan Singingi Datuk Panglimo Dalam Suardiman Amby Ak MM untuk  memberikan surat permohonan persetujuan dan naskah akademik tentang rencana Pembentukan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Kuantan Hulu, Kamis (16/02/2023) malam.

Hadir dalam pertemuan ini Ketua Badan Pekerja Pembentukan Kabupaten Kuantan Hulu (BPPKKH) H Syarianto SE, Wakil Ketua I dari Perwakilan Kuantan Mudik Drs Joyosman MM MPd, Dt Omar Dirajo, Sekretaris BPPKKH Dr Fikri Idris SPsi MSi, anggota tim Drs Ahmad Fauzi, mantan Komisi V DPRD Provinsi Riau Aherson SSos MSi serta tokoh pemuda Aditya Permana.

Ketua Tim BPPKKH H Syarianto SE menjelaskan, pertemuan ini untuk memberikan secara langsung surat permohonan persetujuan pembentukan Daerah Otonomi Baru, naskah akademik, berita acara hasil rapat koordinasi dan konsolidasi dengan tokoh masyarakat, cerdik pandai, ulama, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan mahasiswa  yang diadakan beberapa waktu lalu, serta dokumen kegiatan yang sudah dilakukan oleh Tim BPPKKH. Semua dokumen ini diberikan ke Bupati Kuantan Singingi untuk mendapatkan dukungan dan arahan agar tuntutan masyarakat ini bisa terealisasi secepat mungkin.

Sementara Wakil Ketua I perwakilan dari Kecamatan Kuantan Mudik Drs Joyosman MM MPd menjelaskan, potensi yang ada di 4 kecamatan hulu Kuantan, Kuantan Mudik, Gunung toar dan Pucuk Rantau belum teroptimalkan selama ini. Maka diharapkan dukungan dan keseriusan Bupati untuk membuat Daerah Otonomi Baru Kuantan Hulu Ini.

Sektretaris Badan Pekerja Pembentukan Kabupaten Kuantan Hulu Dr Fikri Idris MSi menjelaskan latar belakang mengapa perlu dibuat DOB Kuantan Hulu.

Dikatakannya, permasalahan yang dihadapi selama ini oleh masyarakat seperti potensi yang ada tidak teroptimalkan dengan baik, tingkat kesejahteraan masyarakat yang masih rendah dan rentang kendali antara pemerintah dengan masyarakat yang terlalu jauh. Seperti jarak Pangkalan ke Taluk kuantan sejauh 70 km ke kota taluk Kuantan, Lubuk Ambacang sejauh 33 km dengan ibu kota. Sehingga kondisi ini memperlambat proses layanan dan fasilitas kepada masyarakat.salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan membuat daerah otonomi baru Kabupaten Kuantan Hulu.

Mendengar pemaparan tersebut, Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby Ak MM menyatakan mendukung dan menyetujui akan rencana pembentukan Kabupaten Kuantan Hulu demi untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bersama katanya.

"Usaha ini harus didukung dan lebih lanjut. Karena saya punya rencana Taluk Kuantan akan dijadikan Kota. Dan menurut saya, apa yang sudah dilakukan oleh tim sudah bagus. Dan hari ini berjumpa menyerahkan surat dan dokumen tentang rencana pendirian DOB Kuantan Hulu," katanya seraya menyambut baik apa yang dilakukan tim.

Bupati menyatakan, surat dari tim, naskah akademik dan berita acara dari rapat koordinasi dan konsolidasi dengan tokoh masyarakat, cerdik pandai, ulama, tokoh perempuan, akademisi, tokoh pemuda dan mahasiswa serta dokumen lainnya  yang diberikan oleh tim  Badan Pekerja Pembentukan Kabupaten Kuantan Hulu ini akan diproses segera dan dibuatkan surat persetujuan pembentukan kabupaten Kuantan Hulu.  

"Suatu hal yang menggembirakan adalah kita diharapkan untuk melakukan Musyawarah besar (mubes) di kampung dan mengundang semua elemen masyarakat mulai dari kepala desa, camat dan tokoh adat dan Bapak Bupati Bersedia menjadi pembicara dan membuka acara tersebut. Inilah wujud nyata dukungan dan keseriusan bapak bupati untuk percepatan DOB Kuantan Hulu," katanya.(*)