Gelar WSC 2023:l, Himakri UIR Soroti Peran Mahasiswa sebagai Agent of Change


Dibaca: 829 kali 
Ahad, 05 Februari 2023 - 13:11:05 WIB
Gelar WSC 2023:l, Himakri UIR  Soroti Peran Mahasiswa sebagai Agent of Change Prodi Kriminologi Universitas Islam Riau (UIR) mengadakan kegiatan Work Social Criminology (WSC) atau yang lebih dikenal Malam Keakraban (Makrab) pada Selasa (24/01/2023).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Program Studi (Prodi) Kriminologi Universitas Islam Riau (UIR) mengadakan kegiatan Work Social Criminology (WSC) atau yang lebih dikenal Malam Keakraban (Makrab) pada Selasa (24/01/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 24 hingga 26 Januari 2023 di Desa Siabu, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar.

Tema yang diusung tema “Satukan Perbedaan, Eratkan Solidaritas Demi Terwujudnya Jiwa Kriminologi Yang Kuat dan Berintegritas.”

Dalam pembukaan WSC 2023, Kepala Program Studi (Kaprodi) Kriminologi Fakhri Usmita menyampaikan, kegiatan WSC merupakan permulaan bagi mahasiswa baru yang bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Kriminologi. Kegiatan ini  juga merupakan upaya mengenalkan kepada mahasiswa baru, bahwa ilmu pengetahuan  tidak hanya diperoleh di bangku perkuliahan, akan tetapi juga di kehidupan nyata seperti  di lingkungan masyarakat.

"Melalui kegiatan tersebut, mahasiswa diharapkan mampu keluar dari zona nyaman menara gading keilmuannya. Sehingga lebih peka dalam memahami isu sosial sebagai laboratorium keilmuan yang nyata. Menjadi pembela yang tertindas dan memperbaiki yang menyimpang," katanya.

Kegiatan WSC, sebut Fakhri Usmita, juga diharapkan bisa membangun hubungan yang lebih akrab, antara mahasiswa dengan dosen, senior dan alumni Kriminologi.

Selaras dengan hal tesebut, Bupati Himpunan Mahasiswa Kriminologi (HIMAKRI) UIR Tasya Sofiatul Afrida Nasution menyebut, kegiatan WSC ini diselenggarakan sebagai bentuk rasa tanggung jawab mahasiswa sebagai agent of change. Sehingga kami wujudkan melalui bentuk pengabdian masyarakat.

Dikatakan Tasya, pada WSC kali ini terdapat berbagai rangkaian kegiatan yang disuguhkan oleh panitia acara diantaranya seperti senam pagi, pentas seni, outbond, pengabdian kepada masyarakat, sosialisasi penyalahgunaan narkoba, kemah bakti mahasiswa,  pertandingan sepak bola persahabatan  serta penyerahan 500 bibit pohon kepada warga setempat.

“Dengan demikian selain bisa membuat mahasiswa akrab satu sama lain, kegiatan WSC 2023 juga memberi dampak kepada masyarakat sekitar dan ini merupakan awalan yang baik dari peran mahasiswa sebagai agent of change,” tutur Tasya.(*)