Bupati Suhardiman Amby Berang, PT BRJ Besok Akan Ditutup


Dibaca: 1336 kali 
Kamis, 19 Januari 2023 - 20:35:00 WIB
Bupati Suhardiman Amby Berang, PT BRJ Besok Akan Ditutup Bupati Kuansing H Suhardiman Amby. (foto: Ist).

SENTAJO RAYA, HarianTimes.com Plt Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM akan menutup PT Barito Riau Jaya (BRJ) yang diketahui tidak memiliki atau mengantongi izin. Dimana hal ini menanggapi keresahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD) dan Sentajo Raya.

Hal itu ditegaskan Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby dalam arahannya ketika melantik Camat Sentajo Raya Jon Hendri SAg MSi, Kamis (19/01/2023) di Halaman Kantor Camat Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Tidak hanya itu, Plt Bupati Suhardiman Amby saat memperkenalkan satu-persatu Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing, juga menegaskan kepada Kepala OPD terkait, yakni Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).

“Kadis PTSP dan Kadis Naker, besok ikut saya, kita akan ke PT Barito, kita akan tampung aspirasi masyarakat, setelah itu kita tutup,” tegas Suhardiman mengajak keduanya.

Menurut Suhardiman Amby, lahan yang kini diduduki PT BRJ itu merupakan Area Penggunaan Lain (APL), bukan berstatus kawasan hutan yang merupakan kewenangan kementerian, melainkan kewenangan daerah.

“Karena ini berstatus APL, berarti kewenangan untuk menutup perusahaan tersebut ada pada daerah, bukan di kementerian,” tegas Suhardiman Amby yang merupakan mantan Pansus Lahan DPRD Provinsi Riau itu.*