260 Karateka Ikuti Gashuku dan Ujian DAN Inkanas Regional Sumatera


Dibaca: 1389 kali 
Kamis, 12 Januari 2023 - 18:05:00 WIB
260 Karateka Ikuti Gashuku dan Ujian DAN Inkanas Regional Sumatera 260 Karateka Ikuti Gashuku dan Ujian DAN Inkanas Regional Sumatera.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal Sik SH MH membuka Gashuku & Ujian DAN Inkanas Regional Sumatera di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau di Desa Sungai Pinang, Kampar, Kamis (12/01/2023).

Acara yang dihadiri selurun pejabat teras Polda Riau ini diikuti 260 orang lebih peserta dari Provinsi Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jambi dan Aceh, dan Kepulauan Riau, termasuk Kapolres Kampar AKBP Didik Priyo Sambodo SIK.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Riau yang juga Ketua Umum INKANAS Riau menyampaikan, even ini sebagai ajang prestasi sekaligus silahturahmi antar sesama Inkanas dan saling berbagi pengalaman dalam olahraga karate.

Dikatakannya, penyelengarakan even ini menjadi sarana untuk menguji kemampuan karateka dalam memperoleh kenaikan tingkatan DAN Sabuk, sekaligus sebagai tolak ukur keberhasilan latihan yang selama ini telah dilaksanakan secara kontinue setiap harinya.

"Menurut saya, kenaikan sabuk DAN merupakan seleksi alam bagaimana seluruh karateka dapat menunjukkan karakter selama bergaul antara sesama di tengah-tengah keluarga dan pendidikan. Adek-adek juga harus menunjukkan, pemegang sabuk pengikut ujian karateka Gashuku adalah karakter-karakter yang mumpuni di segala bidang. Tetapi tetap harus handal, merendah, tetap menjadi pahlawan, tetap menjadi pendekar-pendekar yang sangat luar biasa," sebut Kapolda

Menurut Kapolda, jarateka salah satu ujung tombak untuk membela kebenaran di tengah masyarkat dan menjadi contoh suritauladan bagi semuanya.

"Untuk seluruh karateka, tampilkan segala tekhnik terbaik yang dimiliki, junjung tinggi sportifitas serta tumbuhkan kebangaan. Karena hal tersebut menunjukkan kedewasaan kita dalam menghadapi event-event kejuaraan dikemudian hari nanti," pesan Kapolda.

Jumlah karatekan Gashuku dan Ujian DAN Inkanas Regional Sumatera 2023 ini sebanyak 261 peserta. Dengan rincian Riau 104 peserta, Sumatera Barat 66 peserta, Kepulauan Riau 19 peserta, Sumatera Utara 33 peserta, Aceh 14 peserta, Jambi 19 peserta dan Bengkulu 5 peserta.

Dipaparkannya juga, penguji dalam Gashuku kali ini mendatang lima orang dewan guru yang akan menguji dan melatih para karateka selama empat hari di SPN.

Diharapkan, para karateka Gashuku regional Sumatera yang dipusatkan di Riau ini dapat melatih anak didik bela diri Inkanas menjadi lebih baik lagi.(*)