Resmikan Command Center, Adil: Saya Berharap Dapat Dikolaborasikan dengan Instansi Vertikal


Dibaca: 689 kali 
Senin, 02 Januari 2023 - 21:39:55 WIB
Resmikan Command Center, Adil: Saya Berharap Dapat Dikolaborasikan dengan Instansi Vertikal Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH MM saat meresmikan Command Center pada Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (02/01/2023).

Meranti, Hariantimes.com - Di usia yang ke-14 tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti kini mempunyai layanan Command Center sebagai pusat kendali teknologi informasi dan komunikasi.

Pembangunan Command Center ini sebagai wujud komitmen Pemkab Kepulauan Meranti dalam memberikan efisiensi, efektifitas, transparansi dan peningkatan kualitas layanan publik

"Suatu kebanggaan bagi kami, apabila layanan Command Center dapat dkolaborasikan dengan berbagai pihak baik unsur Forkopimda, instansi vertikal, BUMN, swasta maupun masyarakat," ujar Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH MM saat meresmikan Command Center pada Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (02/01/2023).

Hadir pada acara peresmian, Ketua DPRD Kepulauan Meranti Fauzi Hasan, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG, perwakilan Kejaksaan Negeri Kepulauan Meranti, Kepala Kantor Kemenag Drs Sulman, Kepala Badan Pusat Statistik Meranti Sumi'rad, Danramil 02 Tebing Tinggi Kapten  Arhanud Isnanu, Tokoh Pejuang Pemekaran Meranti, mitra Instansi BUMN, Instansi Vertikal, Ketua Organisasi Pers, seluruh Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian Setda serta tamu undangan.

Dikatakannya, Command Center memiliki dua fungsi utama. Yaitu pusat informasi bagi kebutuhan pimpinan daerah dalam mengambil keputusan dan penyediaan layanan digital bagi masyarakat.

"Saya berharap layanan ini dapat dikolaborasikan dengan instansi vertikal, BUMN, swasta dan masyarakat," harap Adil.

Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Amat Safi'i MKom menyebutkan, pembangunan Smart City yang merupakan program strategis Bupati sudah mulai terwujud, tentunya dengan terus melakukan pengembangan dalam upaya penyempurnaan layanan.

Safi'i menambahkan, Command Center yang diresmikan ini sekaligus meluncurkan 19 sistem informasi yang telah dibangun sejak Maret 2022 atau pasca Dinas Kominfotik resmi dibentuk.

D8samping sebagai instrumen arah kebijakan pimpinan, Command Center juga menyediakan 19 layanan sistem informasi yang telah dibangun bersama instansi terkait bagi masyarakat yang meliputi layanan pengaduan, monitoring pembangunan, layanan pendidikan, layanan kesehatan, layanan sosial, kebencanaan, kependudukan, maupun layanan dan informasi lainnya yang bisa diakses secara online terkini dan aktual.

Command Center, lanjut Safi'i, juga telah terkoneksi dengan 15 titik kamera pemantau (CCTV) yang dipasang di lokasi-lokasi strategis di kota Selatpanjang, sebagai upaya pemantauan dan pengawasan dalam kota.

"Saat ini, untuk tahap awal telah di operasikan 15 CCTV yang langsung terkoneksi dengan Command Center. CCTV tersebut dipasang di beberapa persimpangan di kota Selatpanjang sebagai upaya pemantauan dan pengawasan. Tentunya ini dapat digunakan oleh pemangku kepentingan untuk mendapatkan informasi seperti genangan banjir, situasi lokasi waktu tertentu, maupun kepentingan lain seperti tindak kriminal hingga kecelakaan, diharapkan dapat membantu kerja pemerintah maupun aparat hukum," jelasnya.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dimana semua hal bisa dilakukan melalui sebuah perangkat teknologi yang terkoneksi secara online ke seluruh penjuru dan memberikan kemudahan akses informasi yang tak terbatas dalam semua bidang.

Hal inilah yang mendorong Pemkab Meranti untuk berpikir dan mewujudkan sebuah kota pintar, kota cerdas yang akan memberikan kemudahan-kemudahan kepada warganya seiring dengan berkembang dan majunya teknologi, untuk mewujudkan perikehidupan yang lebih berkualitas dan kota yang berkelanjutan.(*)