Hindari PMK Hewan Ternak, Koramil 05 RM Lakukan Pendataan


Dibaca: 584 kali 
Sabtu, 03 Desember 2022 - 14:33:21 WIB
Hindari PMK Hewan Ternak, Koramil 05 RM Lakukan Pendataan Hindari PMK Hewan Ternak, Koramil 05 RM Lakukan Pendataan.

Rohil, Hariantimes.com - Dalam rangka pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Koramil 05 Rimba Melintang melaksanakan pendatan ternak di wilayah Kepenghuluan Bangko Sempurna, Kecamatan Bangko Pusako, Rokan Hilir, Sabtu (03/12/2022).

Pada kesempatan tersebut, 2 orang anggota Koramil 05/RM melakukan pengecekan dan pendataan terhadap hewan ternak kambing milik Polo.

Pada kesempatan tersebut, Anggota Koramil 0321-05/RM Kodim 0321/Rohil Serma Irsan menyampaikan, pendataan ini bertujuan sebagai langkah awal untuk giat vaksinasi hewan ternak. Yakni dalam upayw menghindari penyakit kuku dan mulut yang dapat menghambat  bahkan memusnahkan pertumbuhan populasi hewan ternak di masyarakat,

"Kegiatan pendataan hewan ternak di Desa Bangko Sempurna ini selesai dilaksanakan dalam keadaan aman dan terkendali," katanya sembari menyampaikan, pihaknya tidak menemukan adanya ternak yang terjangkit virus PMK. Virus ini dapat merusak jaringan sel pada ternak. Namun demikian, hewan ternak yang terkena penyakit PMK aman untuk dikonsumsi oleh manusia.

Sementara itu, Dokter Hewan dan Ahli Kesehatan Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) drh Denny Widaya Lukman menegaskan, PMK sendiri bukanlah penyakit yang bisa menular kepada manusia. Virus ini hanya menular ke sesama hewan ternak.

"Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah (genap) seperti sapi, kerbau, babi dan sebagainya," katanya.(*)