Prodi Desain Interior FT Unilak Seminarkan Desain-Desain Interior Rumah Melayu


Dibaca: 807 kali 
Kamis, 01 Desember 2022 - 18:53:48 WIB
Prodi Desain Interior FT Unilak Seminarkan Desain-Desain Interior Rumah Melayu Prodi Desain Interior FT Unilak Seminarkan Desain-Desain Interior Rumah Melayu.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Program Studi (Prodi) Desain Interior Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning (FT Unilak) Pekanbaru mengadakan seminar nasional tentang desain-desain interior rumah Melayu, Kamis (01/12/2022).

Seminar nasioanal yang mengusung Ruang Dalam: Dulu, Kini dan Nanti ini menghadirkan narasumber Bondan P Diponegoro SArs CIG.

Pada seminar ini, Bondan memaparkan tentang Melihat Kembali Ruang Dalam Rumah Tradisional Ngada, Pemaknaan, dan Penggunan Ulang Pada Masa Kini dan Nanti.

Kemudian Ar Gun, Faisal ST MT  membahas tentang Makna Ruang Dalam Pada Rumah Vernacular dan Tradisional Melayu dan Kepala prodi Desain Interior Unilak Parlindungan Revalino ST MDs.

Seminar dibuka oleh Wakil Rektor II Unilak Hardi SE MM. Turut hadir Wakil Dekan II Fakultas Teknik Alvian Saleh ST MSc dan dosen di lingkungan Unilak serta peserta seminar yakni mahasiswa Fakultas Teknik Unilak, UIR dan Unri.

"Saya memberikan apresiasi kepada Prodi Desain Interior yang telah mengadakan seminar. Prodi ini berdiri di tahun 2022 dan sudah ada mahasiswanya. Tentu hal ini akan memberikan manfaat bagi mahasiswa dan Prodi Desain Interior. Dari seminar ini tentu saja kita akan mengetahui seperti apa muatan lokalnya atau muatan kearifan budaya lokal Melayu. Saat ini ilmu pengetahun telah bertanformasi dengan teknologi, jika dulu menggambar menggunakan kertas dan pensil katakanlah demikian namun saat ini sudah jauh lebih maju, laptop, aplikasi dan perangkat teknologi lainnya." ujar Hardi SE MM saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Parlindungan Revalino menyebutkan, Prodi Desain Interior memberanikan diri mengadakan seminar nasional ini.

"Mahasiswa kita bisa mengambil nilai-nilai dari narasumber di seminar nasional ini. Narasumber berkompeten, kandidat calon Doktor dan Magister dan Profesional serta telah membuat buku," katanya.

Seminar nasional berlangsung selama satu hari, dan dikesempatan itu juga dijadikan mahasiswa untuk bertanya dan diskusi kepada narasumber. Fakultas Teknik Unilak saat ini telah memiliki lima Prodi yakni Teknik Sipil, Teknik Elektro, Arsitektu, Desain Interior dan yang baru berdiri Teknik Mekatronika.(*)