Ratusan Siswa MAN 4 Pekanbaru Ikuti Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil 'Alamin


Dibaca: 1038 kali 
Kamis, 01 Desember 2022 - 14:39:13 WIB
Ratusan Siswa MAN 4 Pekanbaru Ikuti Penguatan  Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil 'Alamin Kepala MAN 4 Pekanbaru foto bersama para guru dan rasumber usai keviatam di halaman MAN 4 Pekanbaru, Kamis (1/12/2022).

PEKANBARU, Hariantimes.com - Guna mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar pada Madrasah, terutama pada upaya penguatan pendidikan karakter (PPK) pelajar dengan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’alamin-nya, menggekar apel selama dua pekan di halaman MAN 4 kota Pekanbaru, Kamis (01/12/2022) pagi.

Seperti yang dicanangkan Kementerian Agama Republik Indonesia. MAN 4 Kota Pekanbaru secara terprogram dan terjadwal mengagendakan program-program pembinaan karakter, baik dalam durasi harian, pekanan dan bulanan bagi pelajarnya. Ini untuk menginternalisasi dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia dari 6  dimensi profil pelajar Pancasila lainnya, seperti dimensi  berkebhinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Sedangkan apel dilaksanakan dalam rutinitas pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil TP 2022/2023, diganti dengan Kegiatan Ngaji dan Tabarrukan dengan tema "Penguatan Profil Pelajar Pancasila & Pelajar Rahmatan lil 'Alamin".

Kegiatan gawean Bidang Kesiswaan MAN 4 Kota Pekanbaru ini, menurut Zendri Hendri M.Pd Wakil Kepala Bidang Kesiswaan mendapuk Habib Muhammad Bin Yahya Baragbah (Dari Solo Jawa Tengah), Purwaji, S.Sos (Penggagas Rumah Kebangsaan/ Ketua PW GP Ansor Riau), Gus Mukhrozi (Pimpinan Pondok Pesantren Rayatul Qur'an Annahdiyin/ Pimpinan Majelis Dzikir Padang Jagad Riau/ Penasehat PW GP Ansor Riau) dan Dr. H. Muliardi, M. Pd (Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Riau) sebagai key person yang memberikan syarahan berkenaan dengan penguatan 6 dimensi profil pelajar Pancasila dan 10 nilai moderasi beragama bagi profil pelajar rahmatan lil’alamin.

Kehadiran narasumber selain disambut hangat oleh 400-an siswa madrasah dan 22 santriwati Ma’had Salimah Negarawan (Program berasrama MAN 4 Kota Pekanbaru), juga disambuti dengan pengalungan cinderamata sorban oleh 6 (Enam) Duta Moderasi Beragama Madrasah yang baru-baru ini diselenggarakan pemilihannya.

Sedangkan Kepala MAN 4 Kota Pekanbaru Agus Salim Tanjung MA yang ditemui seusai kegiatan 2 jam-an tersebut, menjelaskan bahwa program penguatan pendidikan karakter (PPK) secara kolaboratif dan optimal terfasilitasi di madrasah ini, mulai dari olah hati (etik), olah rasa (estetis), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik) sesuai definisi dan indicator ketercapaiannya.

“Baik pada program intrakurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikulernya. Untuk kegiatan ngaji dan tabarukkan ini, tentunya diharapkan dapat meningkatkan nilai-nilai ta’addub/berkeadaban, sesuai nilai profil pertama pelajar rahmatan lil’alamin," ujarnya lagi. (*)