Agus Salim: Teacher Has To Be Seen

MAN 4 Pekanbaru Peringati Hari Guru Nasional


Dibaca: 1290 kali 
Jumat, 25 November 2022 - 10:35:20 WIB
MAN 4 Pekanbaru Peringati Hari Guru Nasional MAN 4 Pekanbaru memperingati Hari Guru Nasional dengan memberikan penghargaan kepada guru berprestasi, Jumat (25/11/2022)

PEKANBARU, Hariantimes.com - Terpujilah wahai engkau Ibu Bapak Guru, Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku. Jika orang tua memberikan nutrisi untuk jasadnya, maka guru dengan sematan cerdik-cendekia memberikan gizi untuk ruh, spirit dan jiwanya.

Dedikasi guru tiada batas, bahkan melampaui ekspektasi. Sebagaimana terefleksikan saat pandemi Covid-19 melanda dunia, para guru terus beradaptasi melakukan terobosan-terobosan untuk hadirkan kualitas pembelajaran optimal, secara daring, blanded learning, maupun tatap muka terbatas.

Atas dasar itulah pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) mengangkat tema “Berinovasi Mendidikn Generasi”.

“Ke depan, di masa learning recovery pasca pandemi, paradigma belajar mengajarpun perlu direspon dengan tren kekinian. Mulai dari proses transformasi digital, big data, artificial intelegence, metaverse, metahuman, robotic, dan lainnya yang hadir di ruang ruang kelas siswa generasi Z dan Alpha,”  ujar Kepala MAN 4 Kota Pekanbaru, Agus Salim Tanjung MA saat menjadi instruktur upacara Bendera Peringatan HGN Tahun 2022 di Lapangan Upacara MAN 4 Kota Pekanbaru Jalan Yos Sudarso KM 15 Rumbai, Pekanbaru, Jumat (25/11/2022.


Upacara peringatan HGN dengan petugas para guru ini, merupakan rangkaian kegiatan peringatan HGN yang telah dimulai sejak 08 November 2022 lalu, dengan kegiatan pemilihan Duta Moderasi Beragama Tahun 2023 dan Pentas Seni Tahun 2022.

Rangkaian upacara dimulai dari pembaca tata tertib upacara dalam tiga bahasa (Inggris, Indonesia, Arab), pembaca UUD 1945, pembaca Ikrar Guru Indonesia, pemimpin pembacaan doa, pembawa Pancasila, komandan upacara, komandan penjuru, paduan suara hingga pengibar bendera, kesemuanya dilakukan oleh 35-an Guru MAN 4 Kota Pekanbaru dan 21 orang Guru PPL dari UIN Suska Riau.

Hal ini memberikan pesan bahwa guru tak hanya profesional dalam menyelenggarakan tugas pembelajaran, tapi juga mampu menyelenggarakan kegiatan pembinaan siswa di luar pembelajaran, seperti baris berbaris ini.

“Lengkap dan patutlah label guru itu layak di-gugu dan di-tiru. Teacher has to be seen, guru harus terlihat agar dapat diteladani,” jelas Agus yang juga Ketua Pesatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) Kota Pekanbaru.

Seusai membacaan sambutan Menteri Agama RI H Yaqut Cholil Qoumas, disambut gemuruh tepuk tangan para peserta upacara.

Seusai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penganugerahan guru berprestasi dengan 7 kategori di lingkungan MAN 4 Pekanbaru oleh Ega Anggraini SPdI Waka Humas yang menerajui kegiatan HGN ini, bersama dengan Farhan Syamren Kyoto Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM).

Zendri Hendri MPd Waka Kesiswaan sekaligus Guru Sejarah lulusan cumlaude dari pascasarjana Universitas Negeri Jakarta ini, didapuk dengan dua gelar penganugerahan, yakni sebagai Guru Terdedikatif dan Terinspiratif.

Selanjutnya, anugerah guru terdisiplin diberikan kepada Adillah Harniati S Pd, Guru terinovatif kepada Destariosadi SSos, Guru Terkreatif kepada Aprianto SPd, Guru terfavorit kepada Rahmad Dandi S.Pd dan Guru terhits kepada Winda Palasari S.Psi. Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan salam-salam antara guru dengan guru dan siswa dengan guru, serta sarapan pagi bersama tasyakuran HGN. (*)