Pusat Studi Hukum Bersama LBH FH Unilak Seminarkan Pemilu Serentak 2024


Dibaca: 894 kali 
Selasa, 22 November 2022 - 13:35:00 WIB
Pusat Studi Hukum Bersama LBH FH Unilak Seminarkan Pemilu Serentak 2024 Pusat Studi Hukum Bersama LBH FH Unilak Seminarkan Pemilu Serentak 2024.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pusat Studi Hukum bersama Lembaga Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning (LBH FH Unilak) Pekanbaru mengadakan seminar nasional bertemakan Pemilihan Umum serentak 2024 di aula Pustaka Unilak, Selasa (22/11/2022).

Seminar nasional mengangkat judul tantangan negara dalam mewujudkan demokrasi prosedural (Suatu evaluasi terhadap penyelenggaran pemilu serentak 2024) ini dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Dr Fahmi SH MH dengan peserta lebih dari 200 yang didominasi oleh mahasiswa.

Sebagai narasumber yaitu, Bupati Kepulaun Meranti M Adil SH MM, Pakar Hukum Tata Negara Riau Dr Eddy Asnawi SH MHum, Anggota DPD RI Edwin Pratama, Komisoner KPU Riau Abdul Rahman, Anggota Bawaslu Riau Nanang Wartono SH MH, sebagai moderator Rachmad Oky Saputra SH MH dosen Fakultas Hukum.

Dr Fahmi saat membuka seminar mengatakan tema Pemilu serentak merupakan tema yang sangat menarik. Pemilu serentak akan dilaksanakan 14 Februari memilih DPR, DPRD, DPD dan Presiden serta pemilihan kepala daerah serentak November 2024. 

"Kita ketahui, indeks demokrasi di Indonesia dapat dikelompokkan beberapa hal. Pertama; Keberlangsungan Pemilu yang bebas dan adil, Kedua; keberadaan pemerintahan yang terbuka, akuntabel dan Ketiga; perlindungan hak sipil," ujar Dr Fahmi.

Seminar nasional ini dalam rangka untuk mewujudkan demokrasi yang lebih baik. Harapannya, Pemilu serentak lebih baik dari tahun 2019. Pemilu yang berkualitas ini indikatornya adalah bagaimana kesiapan penyelenggaraan Pemilu dalam hal ini KPU, Bawaslu yang profesional, integritas, rakyat menyalurkan hak partisipasinya tanpa ada tekanan, terselanggaranya Pemilu yang baik dan bermartabat, kemudian terpilihnya legislatif dan eksekutif yang sesuai dengan keinginan rakyar.

Menurut Dr Fahmi, tantangan pemilu 2024 adalah polarisasi, penyebaran hoax, ujaran kebencian, SARA, politik identitas, politik uang, netralitas TNI Polri ASN, dan ketidak netralan penyelenggara Pemilu.

"Semoga ini tentu saja berkurang dan bisa dihindari. Ini merupakan komitmen FH Unilak  untuk mempersiapakan diri dan menyongsong Pemilu serentak," harapnya.

Salah satu narasumber Dr Eddy Asnawi dalam pemaparanya menyebutkan, tantangan setiap Pemilu dan Pilkada adalah persoalan politik uang. Sementara itu Anggowa KPU Riau berharap kepada masyarakat untuk dapat menyalurkan aspirasinya di Pemilu serentak.  Indikator keberhasilan pelaksanaan Pemilu adalah meningkatnya partisipasi pemilih.

"Bagi masyarakat dapat melihat Daftar Pemilih Tetap (DPT) di website yagn tersedia;" sebutnya.

Pelaksana seminar nasional diisi dengan sesi diskusi dan tanya jawab, beberapa topik ditanyakan kepada narasumber seperti berkaitan dengan Presidential Treshold 20 persen, pelaksanaan pemilu yang jurdil dan lain-lain.(*)