Konkernas 2022 di Malang, 10 PWI Provinsi Terima Penghargaan


Dibaca: 748 kali 
Senin, 21 November 2022 - 23:45:00 WIB
Konkernas 2022 di Malang, 10 PWI Provinsi Terima Penghargaan Konkernas 2022 di Malang, 10 PWI Provinsi Terima Penghargaan.

Malang, Hariantimes.com - Konferensi Kerja Nasional Persatuan Wartawan Indonesia (Konkernas PWI) merupakan salah satu kegiatan yang digelar PWI Pusat guna melakukan evaluasi program kerja yang telah disusun pada masa kerja 2018-2023.

Konkernas juga merumuskan program-program kerja dan mengevaluasi seluruh program, tantangan dan hambatan yang dihadapi organisasi dalam menjaga marwah PWI menegakkan disiplin organisasi berdasarkan PD/PRT, kode etik jurnalistik dan kode prilaku wartawan.

Keputusan Konferensi Kerja Nasional menjadi satu agenda dalam Kongres PWI  di tahun 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Umum (Ketum) PWI Pusat Atal S Depari saat menyampaikan kata sambutan pada acara Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) 2022 yang berlangsung di Ballroom Hotel Mercure, Malang, Senin (21/11/2022).

Atal mengatakan, program pendidikan dan pembelaan wartawan menjadi prioritas program kerja yang selama ini terus dijalankan bersama jajarannya. Peningkatan pendidikan wartawan yakni dengan menggelar program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) secara masif di seluruh Indonesia. Tujuannya, agar wartawan yang bernaung di PWI benar-benar profesional sekaligus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik hingga kode perilaku wartawan.

"Selain itu, program PWI Peduli yang dibentuk pada Desember 2019 juga mendapat apresiasi dari berbagi pihak. Terutama dalam eksistensinya bersama-sama mitra kerja mengatasi pandemi covid-19," sebut Atal.

Pada Konkernas ini, sebut Atal, PWI Pusat  memberikan penghargaan untuk beberapa kategori. Yakni penghargaan kategori penyelenggara Uji Kompetensi Wartawan (UKW) terbanyak. Untuk kategori ini, penghargaan diberikan kepada PWI Sumatera Utara (Sumut), PWI Jawa Barat, PWI Jawa Timur, PWI DKI Jakarta, PWI Sumatera Selatan (Sumsel), PWI Jawa Tengah (Jateng) dan PWI Kalimantan Timur (Kaltim). 

Disamping itu, PWI Pusat juga memberi penghargaan untuk kategori PWI Peduli. Penghargaan untuk kategori yakn PWI Kaltim, karena menyediakan ambulance bagi masyarakat. 

Selain itu juga diberikan penghargaan bagi penyelenggara HPN, masing-masing untuk PWI Jatim HPN 2019, Kalimantan Selatan (Kalsel) HPN 2020, DKI Jakarta (HPN 2021) dan Sultra (HPN 2022).

Penghargaan juga diberikan kepada PWI Bali sebagai penyelenggara Confederation of ASEAN Journalist (CAJ) Oktober 2022 lalu. 

"Apresiasi/penghargaan diberikan kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali atas kontribusinya menyukseskan sekaligus selaku tuan rumah penyelenggaraan “The 20th General Essembly Confederation Of Asean Journalist” (CAJ) atau Sidang Umum Ke-20 Konfederasi Wartawan ASEAN di Bali, beberapa waktu lalu. Penghargaan ini sebagai ucapan terima kasih pengurus pusat atas peran serta dan upaya PWI Bali yang telah menyukseskan pertemuan wartawan ASEAN beberapa waktu lalu di Bali,” beber Atal yang ditetapkan sebagai President CAJ dua tahun ke depan saat General Essembly CAJ di Kuta, 12 Oktober 2022.(*)