Fahutan Unilak Gelar Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran MBKM


Dibaca: 641 kali 
Kamis, 17 November 2022 - 19:28:46 WIB
Fahutan Unilak Gelar Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran MBKM Fahutan Unilak Gelar Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran MBKM.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning Pekanbaru (Fahutan Unilak) mengadakan workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Workshop diadakan seiring dengan lolosnya Fakultas Kehutanan meraih hibah dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2022.

Pelaksanaan workshop yang berlangsung selama dua hari yakni Rabu (16/11/2022) dan Kamis (17/11/2022) ini dibuka oleh Dekan Fahutan Dr Eno Suwarno MSi.

Turut hadir Wakil Dekan I Dr Sri Rahayu Prastyaningsih SHut MP, Wakil Dekan II Hadinoto SHut MSi, Wakil Dekan III Dodi Sukma RA SHut MSi sebagai peserta dosen dan staf.

Worskhop di hari pertama menghadirkan narasumber Dr Sri Suning Kusuma Wardani ST MT, Dosen Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada, sebagai moderator Ambar Tri Ratnaningsih SHut, M.Si. Sementara hari kedua narasumber Dr apt Syofyan SSi M Farm dari Universitas Andalas.

Dr Eno Suwarno dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Dr Sri Suning yang telah berkenan hadir sebagai narasumber workshop.

"Kami Fakultas Kehutanan Unilak mendapatkan hibah MBKM PKKM dengan volume 21 program yang harus diselesaikan dalam 4 bulan. Di tahun 2021 kami juga meraih hibah. Tentu saya merasa bergembira, karena salah satu program yang kita tunggu insya  Allah bisa terlaksana. Mudah-mudahan dari wokshop ini, pengalaman dan tips dari Dr Suning bisa kita fungsikan di Fahutan. Harapan kita baik dalam konteks di Fahutan ataupun demi tujuan dunia pendidikan di Indonesia dapat meningkatkan kualitasnya," tutur Dr Eno.

Diceritakan Dr Eno, tahun 2021 Prodi Kehutanan dapat hibah Center Of Excelent dengan kegiatan magang mahasiswa dan penyusunan kurikulum. Dan tahun 2022 Fahutan mengajukan proposal dan lolos lagi.

"Di Unilak, Fahutan memiliki prestasi akademik termasuk yang baik. Saya memberikan apresiasi kepada tim. Mudah-mudahan seluruh rangkaian program PKKM kedepanya bisa menghantar Fahutan Unilak semakin baik sesuai dengan visi Fahutan," ujar Dr Eno.

Sementara itu  Dr Sri Suning dalam pemaparanya menyebutkan, MBKM memberikan kompetensi tambahan bagi mahasiswa dalam tujuan Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (BKM MBKM) yaitu Meraih capaian pembelajaran lulusan dengan kompetensi tambahan baik soft skill dan hard skills sesuai dengan kebutuhna perkembanga zaman; Internalisasi sikap profesional dan budaya kerja yang sesuai serta diperlukan bagi dunia usaha dan atau dunia indistri sehingga terjadi link and macht (selaras); Menyiapkan lulusan sebagai pemimpim masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Workshop hari pertama diisi dengan sesi tanya jawab dan dialog, beberapa dosen Fahutan Unilak menanyakan bagaimana menyelaraskan SKS/mata kuliah bagi mahasiswa. Selain itu beberapa permasalahan yang di timbulkan dari program MBKM.(*)