Dikunjungi Wabup Bengkalis, Warga Terdampak Banjir di Dusun Cempedak Minta Cuci Parit


Dibaca: 846 kali 
Rabu, 16 November 2022 - 17:25:08 WIB
Dikunjungi Wabup Bengkalis, Warga Terdampak Banjir di Dusun Cempedak Minta Cuci Parit Bagus Santoso, anggota DPRD, Kades bersama Warga Tenda Biru Desa Lubuk Gaung Kecamatan Siak Kecil.

Siak Kecil, Hariantimes.com - Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Bagus Santoso menemui warga yang terkena dampak banjir di Dusun Cempedak Desa Lubuk Gaung atau disebut Tenda Biru Kecamatan Siak Kecil, Rabu (16/11/2022).

Banjir akibat tidak berfungsinya parit besar itu menyebabkan pemukiman dan perkebunan warga rata- rata terendam.

Jumadi salah satu diantara warga yang menyambut kedatangan Wabup menyampaikan, rumah dan kebun warga sudah hampir dua minggu terendam.

"Terima kasih Bapak Wabup yang telah mendengar suara kami. Warga sudah hampir 2 minggu tak bisa berkebun dan tak dapat buat apapun,” katanya.

Terus terang, kata Jumadi dan warga lainnya, meski kebanjiran untuk kebutuhan harian sejauh ini mereka masih mampu belum terganggu.

“Pak Wabup, kami bukan minta bantuan sembako. Tapi kami mohon bantuan untuk cuci parit supaya air bisa lancar mengalir ke sungai,” katanya.

Dari tinjauan lapangan diketahui, saluran menuju Sungai Meram, anak Sungai Siak Kecil tak berfungsi akibat penuh semak belukar. Parahnya lagi, gorong-gorong bangunan lama dibuat diatas tunggul kayu, maka air tersumbat.

Diakui Kades Lubuk Gaung Zamar, sebagian wilayah desanya berada sepanjang aliran Sungai Siak Kecil. Sehingga berpotensi terendam. Sementara wilayahnya sangat luas, maka tak kan mampu mengandalkan dari Anggaran Desa baik dari pusat maupun bankeu khusus Bermasa.

"Ini yang kami rasakan setiap musim hujan. Terus terang kalau tak dibantu  proyek normalisasi atau cuci parit, anggaran dari Kabupaten Dinas PUPR kami tak terdaya mengatasinya,” kata Zamar.

Melihat kondisi lapangan, Wabup Bengkalis Bagus Santoso menyemangati warga agar tetap kompak serta melakukan aktifitas secara bergotong-royong.

“Kami pemerintah hadir bersama untuk mengurai permasalahan Akan bisa kita atasi dengan cara kerjasama semua pihak,” kata Wabup sembari minta pihak swasta terutama perusahaan yang beroperasional di Kecamatan Siak Kecil umumnya Kabupaten Bengkalis tidak tutup mata.

“Ayo perusahaan, anda mencari makan disini. Maka berkewajiban membantu masyarakat," imbuh Bagus Santoso.

Tampak dalam kunjungan Wabup antara lain Anggota DPRD Zuhandi, Tim Teknis Dinas PUPR , Kades Lubuk Gaung Zamar, Kades Tanjung Damai Tasam, BPD dan warga desa.(*)