Sejumlah Lokasi di Kuantan Mudik Miliki Destinasi Wisata Lokal Dompeng


Dibaca: 2227 kali 
Jumat, 04 November 2022 - 22:44:00 WIB
Sejumlah Lokasi di Kuantan Mudik Miliki Destinasi Wisata Lokal Dompeng https://youtu.be/KXz61JdCjL0

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com — Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau selain terkenal dengan kebudayaan Perahu Beganduang, juga terdapat banyak titik destinasi wisata lokal Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) alias Dompeng.

Pasalnya, dari informasi warga yang berhasil dihimpun HarianTimes.com, keberadaan aktivitas PETI terpantau disejumlah titik lokasi dengan berbagai jumlah dan pola kerja berbeda.

“Sebanyak 7 rakit terdapat di Aliran Sungai Kuantan Desa Bukit Pedusunan dan Banjar Guntung, serta di Desa Luai sebanyak 5 rakit yang dengan amannya alias bebas terlihat melakukan aktifitas,” ungkap salah seorang warga yang sengaja tidak dituliskan namanya, Jum’at (04/11/2022).

“Empat Unit PETI beroperasi pada malam hari, seratus meter di hulu Jembatan panjang Lubuk Jambi, tepatnya di Desa Seberang Pantai, dan di Desa Rantau Sialang ada tiga. Jadi, ada 19 rakit PETI di tiga desa tersebut,” jelas warga tersebut.

Selain di empat desa tersebut sambung dia, PETI juga beraktivitas di Desa Pulau Binjai, Pebaun, Saik dan ini telah berlangsung lama.

“Coba saja cek langsung ke lokasi dengan menggunakan perahu karet, kalau memang serius menghentikan aktivitas PETI di Kuansing ini,” ucapnya.

Padahal sudah jelas-jelas aktivitas PETI dan ditambah penggunaan merkuri atau raksa adalah melanggar hukum dan upaya perusakan terhadap alam serta makhluk hidup atau biota yang hidup didalamnya.

Untuk itu Aparat Kepolisian diminta menggunakan Perahu Karet memusnahkan rakit Dompeng atau PETI di Kecamatan Kuantan Mudik tersebut.

Namun halnya penegakan hukum tidak akan serta merta dapat diselesaikan dengan baik, jika tidak ada dukungan dan penanganan serius dan bahkan diduga adanya upaya pembiaran terhadap aktivitas illegal tersebut.*