PWI Riau Resmi Memiliki Enam Penguji UKW


Dibaca: 699 kali 
Jumat, 04 November 2022 - 19:55:01 WIB
PWI Riau Resmi Memiliki Enam Penguji UKW Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau kini sudah memiliki enam orang tenaga penguji untuk Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Keenam orang penguji UKW PWI Riau tersebut yakni Zulmansyah Sekedang, Dheni Kurnia, Amril Jambak, Eka Putra, Henny Elyati dan terakhir Syam Irfandi yang baru mendapatkan Surat Keputusan (SK) Asesor Uji UKW dari PWI Pusat.

Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang menyampaikan, PWI Riau terus berkomitmen untuk memenuhi target agar seluruh anggota PWI Riau lulus UKW. Tentu ini juga diimbangi dengan penambahan jumlah penguji, saat ini tercatat PWI Riau miliki enam asesor uji.

“Sebelumnya PWI Riau sudah memiliki lima penguji. Dan sekarang sudah enam penguji. Ini berdasarkan Surat Keputusan PWI Pusat Nomor 384-PLP/PP-PWI/2022 tanggal 21 Oktober 2022, telah ditetapkan penambahan satu asesor uji UKW yang telah mengikuti tiga kali magang,” ujar Zulmansyah, Jumat (04/11/2022).

Sebelum dinyatakan layak sebagai asesor, sebut Zulmansyah, sejumlah proses harus dilalui oleh calan penguji. Yakni mulai dari mengikuti Training of Trainer (ToT), hingga wajib ikut magang.

“Layak tidaknya calon penguji juga ditentukan penilaian pembimbing magang,” sebut Zulmansyah.

Setiap magang, beber Zulmansyah, asesor uji wajib mengikuti tiga kali magang sesuai tingkatan UKW yaitu Muda, Madya dan Utama.

“Intinya, melalui porses magang tersebut diharapkan calon penguji memahami prosedur penilaian terhadap peserta UKW berdasarkan standar mata uji yang telah ditetapkan untuk masing- masing tingkatan,” imbuh Zulmansyah sembari mengatakan, asesor uji dari PWI Riau tidak hanya sebagai penguji lokal saja. Tapi berlaku di seluruh Indonesia. Namun diutamakan untuk kabupaten/kota di provinsi tetangga seperti Sumatera Barat, Riau Kepulauan, Jambi dan Bengkulu.

“Insya Allah awal Januari 2023 mendatang, jumlah penguji PWI Riau akan bertambah satu asesor lagi sehingga kita punya tujuh asesor uji,” harap Zulmansyah.(rls)