Polbeng Hibahkan Mesin Pengaduk Sabun ke BUMDes Gading Emas Teluk Pambang


Dibaca: 888 kali 
Rabu, 02 November 2022 - 15:10:09 WIB
Polbeng Hibahkan Mesin Pengaduk Sabun ke BUMDes Gading Emas Teluk Pambang Dosen Polbeng mengibahkan alat pembuat sabun ke BUMD es Teluk Pambang

BANTAN, Hariantimes.com - Wujud Tridharma Perguruan Tinggi dosen bidang pengabdian, merupakan kegiatan rutin yang harus dikerjakan oleh dosen. Salah satunya dosen di Politeknik Negeri Bengkalis (Polbemg).

Kerja sama antara  Polbeng dengan BUMDEsa Gading Emas Teluk Pambang terjalin cukup baik. Mulai dari hibah kementerian Pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi bagian Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) tahun 2021 berupa alat destilasi serai wangi kapasitas 100 Kg per proses.

“Alhamdulillah dengan hibah dari dosen Teknik Mesin Polbeng kami bisa mengembangkan serai wangi, dengan berbagai produk olahan dari serai wangi yang telah kami inovasikan," ujar Ketua BUMDesa Gading Emas Teluk Pambang, Senang.

Tidak hanya sampai di sana, tahun 2022 dosen Politeknik Negeri Bengkalis Jurusan Teknik Mesin kembali menghibahkan alat pengaduk sabun berbahan baku serai wangi dari pendanaan internal Polbeng (PNBP Polbeng 2022).

“Alat pengaduk ini kami buat untuk memudahkan tim BUMDesa mengolah produk turunan seperti sabun dan produk lainnya, pada mesin ini kami gunakan motor penggerak listrik kemudian dihubungkan dengan gearbox dan diteruskan ke poros vertical dengan model pengaduk tipe S,” ujar  Ketua Tim Pengabdian Dosen Teknik Mesin Polbeng, Abdul Gafur.

Menurutnya, pembuatan alat ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan sabun yang awalnya manual menjadi mekanik.

“Harapan kami dengan alat ini proses pekerjaan lebih mudah dan cepat serta pendapatan masyarakat meningkat," ujarnya.

Sedangkan Ketua PPPM Polbeng ini mengaku akan terus berusaha, memberikan dukungan kepada dosen-dosen agar terus mengabdi membantu mempermudah kegiatan usaha masyarakat atau memunculkan usaha-usaha baru untuk membantu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

“Kami dari PPPM akan terus mendukung dan mengajak dosen-dosen Polbeng untuk menggaungkan misi kami Polbeng Membangun  Desa," ujarnya.

Ketua BUMDes tahun 2022 ini mengikuti ajang bergengsi antar BUMDes yaitu pemilihan Desa Briliian dari BRI, BUMDes Gading Emas mengangkat tema serai wangi.

“Alhamdulillah kami Finish di 10 besar tepatnya di posisi 6 seluruh Indonesia” ungkap Ketua Bumdesa Gading Emas Senang.

Beliau juga mengungkapkan semoga kerja sama ini terus berlanjut dengan program-program yang lainnya.(*)