Khatib 'Aam PBNU Kukuhkan PC NU Bengkalis


Dibaca: 735 kali 
Jumat, 28 Oktober 2022 - 08:16:17 WIB
Khatib 'Aam PBNU Kukuhkan PC NU Bengkalis Pengurus Cabang NU Mabupaten Bengkali dikukuhkan oleh Khatib 'Aam PBNU Pusat KHAkhmad Said Asrory di Gedung Daerah Laksamana Raja Dilaut, Kamis (27/10/2022) malam

BENGKALIS, Hariantimes.com -  Khatib 'Aam Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) KH Akhmad Said Asrory melantik dan mengukuhkan Pengurus Cabang (PC) NU Kabupaten Bengkalis masa khidmat 2022-2027  di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut Bengkalis, Kamis  (27/10/2022) malam,

Pengkuhan PCNU Kabupaten Bengkalis yang diketuai/Tanfidziah Masdaruddin MAg, Sekretaris Efendi dan Bendahara Chanifudin, disaksikan oleh Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Toharuddin dan PCNU Kota Dumai.

Khatib 'Aam PBNU Pusat KH Akhmad Said Asrori mengharapkan, peran penting NU di tengah masyarakat sangat dinantikan. Tentu NU sebagai organisasi besar Islam harus mempu berbuat yang terbaik bagi umat.

"Makanya kami mengharapkan PCNU Bengkalis segera melakukan koordinasi organisasi dan membuat program yang mampu membangkitkan ekonomi masyatakat Islam," ujarnya.

Menurut Asrori, NU memiliki lembaga pengembangan ekonomi yakni melalui lembaga Bank NU yang dibisa dikembangkan di Kabupaten Bengkalis. Apalagi wilayah Kabupaten Bengkalis dan Riau secara umum memiliku luas wilayah perkebunan sawit terbesar di Indoensia.

Tentunya kata Asrori, peluang ekonomi seperti ini harus diambil dan bekerja sama dengan masyatakat. Karena PBNU sudah melakukan kerja sama dengan lembaga-lembaga kemeterian.

"Jika ekonomi umat kuat, maka kami yakin umat Islam akan bangkit, khususnya pasca pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia," harapnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Toharuddin juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus beserta anggota PCNU Bengkalis yang telah dilantik serta dikukuhkan. Tentunya diharapkan dapat menjalankan amanah ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Menirut Thoharuddin, ini merupakan sebuah amanah yang sangat besar serta memiliki anggota organisasi yang berjiwa besar, tentunya pihaknya  optimis, di bawah PC NU Kabupaten Bengkalis ini, akan mampu pula menciptakan sebuah kekuatan -kekuatan besar pula untuk membangun daerah ini, supaya lebih baik, maju dan sejahtera.

“Kami berharap kepada PCNUKabupaten Bengkalis untuk dapat dikiranya menjadi penyambung lidah antara pemerintah dan masyarakat. Sebab dengan terbangunnya komunikasi yang efektif serta strategis antara pengurus dengan pemerintah akan menjadi sebagai kekuatan tersendiri,”ujar Kasmarni.

Selanjutnya kiprah Nahdatul Ulama selama ini, bahkan dalam lintasan sejarah kehidupan berbangsa dan bernegara saja, tidak dapat mengesampingkan besarnya kontribusi NU dengan sikap keagamaannya yang moderat, seimbang serta selalu berpihak kepada kebenaran, namun secara tidak langsung telah menempatkannya kepada pemahaman Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin.

Kepada pengurus beserta jajaran anggota Nahdatul Ulama yang telah diambil sumpah dan dilantik, Thoharuddin menitipkan pesan bahwa NU sudah banyak melakukan hal yang positif, untuk mendukung kemajuan daerah, pengembangan aktivitas generasi muda, pendidikan, seni dan budaya, sekaligus penguatan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, baik dari internal NU itu sendiri maupun bersama unsur atau elemen bangsa lainnya yang ada di Negeri Junjungan ini.

Pengukuhan yang juga dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Bengkalis, Datuk H.Sofyan Said, perwakilan Kepala Kemenang Bengkalis, Camat Bengkalis, para Forkopimda di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Sementara itu, Ketua Umum PCNU Bengkalis Masdaruddin MAg juga menyampaikan,  organisaso NU ini akan besar dan dikenal luas di tengah masyarakat, tentu harus bekerja keras dalam pengembangan organisasi.

"Kami siap memajukan organisasi NU di Kabupaten Bengkalis dan siap mendukung program pemerintah melalui Program Bermasa Bupati dan Wakil Bupati. Karena kami menilai, NU menjadi salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia keberadaanya sangat dibantikan oleh umat," ujarnya.(*)