Sah! Mabigus Pengurus Gudep dan Pramuka Bantara MAN 4 Pekanbaru di Lantik


Dibaca: 1064 kali 
Jumat, 21 Oktober 2022 - 09:44:56 WIB
Sah! Mabigus Pengurus Gudep dan Pramuka Bantara MAN 4 Pekanbaru di Lantik Kepala MAN 4 Pekanbaru Agus Salim Tanjung menandtangani berita acara Mabigus Pengurus Gudep dan Pramuka Bantara MAN 4 Pekanbaru, Kamis (0/10/2022).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) dan Pengurus Gugus Depan (Gudep) 13.039 -13.040 Mahmud Marzuki-Aisyah Umar masa bakti 2022-2025 yang berpangkalan di MAN 4 Kota Pekanbaru resmi dilantik, Kamis (20/10/2022).

Zendri Hendri MPd  Waka Kesiswaan didampingi Aprianto SPd Kordinator Ekskul non-Akademik MAN 4 Pekanbaru mengatakan, pelantikan yang dilaksanakan sebagai salah satu tangkai acara dari Perayaan Hari Lahir (Harlah) ke-4 MAN 4 Pekanbaru dan Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 yang telah diterajui madrasah ini sejak 15 Oktober 2022 dengan puncak acara pada 22 Oktober 2022 nanti, dihadiri oleh Kak Al As’ari SPd MPd dan Kak Erni S.Pd selaku Ketua dan Sekretaris Kwartir Ranting Rumbai Barat.

Menurutnya, orosesi pelantikan dimulai dengan pengucapan Tri Satya, penyematan tanda jabatan, pembacaan ikrar pelantikan dan penandatanganan berita acara pelantikan secara berurutan dilakukan sesuai tahapannya, yakni pelantikan Mabigus, pengurus Gudep dan pelantikan pramuka penegak menjadi bantara, yang disaksikan oleh seluruh warga madrasah dan pengurus Komite MAN 4 Kota Pekanbaru.

Dikatakannya, Kepala MAN 4 Kota Pekanbaru, Agus Salim Tanjung MA beserta ke- 9 orang dari unsur pimpinan madrasah dan guru senior menduduki posisi Mabigus. Nurman Setiawan S.Sos dan Iradatul Hasanah S.Pd didapuk pula menjadi Ketua Gudep Putra dan Ketua Gudep Putri, dengan 20 orang dari unsur guru dan tenaga kependidikan MAN 4 Pekanbaru sebagai pembinanya.

Adapun untuk kegiatan pelantikan pramuka penegak menjadi Bantara, ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan atas dasar kompetensi dan kecakapan khusus yang berlaku di kepramukaan.

"Tahapan demi tahapan sudah kita lakukan dalam rangka membina, mendidik dan mengevaluasi, mulai dari status Calon Bantara, sampai kepada dikukuhkannya 22 peserta ekskul pramuka dari 42 orang, ini menjadi Bantara. Proses akselerasi terus akan dilakukan, agar tidak terjadi stagnasi di tubuh Bantara," uar Zendri sapaan akrabnya.

Apresiasi dan harapan juga disampaikan oleh Al As’ari MPd yang disampaikan dalam amanat pelantikannya.

"Sebagai Gugus Depan yang baru, karena operasionalnya madrasah ini juga baru, gerakan pramuka MAN 4 Pekanbaru telah menunjukkan eksistensinya, bahkan menjadi gudep teraktif di kwartir ranting rumbai barat. Semoga kakak-kakak Mabigus, pengurus Gudep dan pramuka Bantara yang baru dilantik ini, semakin solid mewujudkan dharma bhakti dan karyanya di gerakan pramuka," ujarnya.(*)