Jurnal Takuana Bukti MAN 4 Pekanbaru Istiqomah Wadahi Publikasi Artikel Ilmiah


Dibaca: 726 kali 
Rabu, 19 Oktober 2022 - 16:19:06 WIB
Jurnal Takuana Bukti MAN 4 Pekanbaru Istiqomah Wadahi Publikasi Artikel Ilmiah Kepala MAN 4 Pekanbaru, Agus Salim Tanjung MA membuktikan Jurnal Takuana yang beroperasional sejak awal 2022 tetap eksis buat para guru di Riau, Rabu (19/1/2022).

PEKANBARU, Hariantomes.com - Untuk kanalisasi kompetensi penulisan artikel ilmiah, referensi literasi dan publikasi penelitian ilmiah, Jurnal Takuana yang telah beroperasional sejak awal  2022, kembali mempublikasikan volume dua jurnal ini.

Kehadiran jurnal ini secara seremonial, akan dilaunching resmi pada 22 Oktober 2022 nanti, sempena perayaan Harlah ke-4 MAN Kota Pekanbaru dan peringatan Hari Santri 2022.

"Setelah 7 artikel ilmiah dari bidang pendidikan, sains dan humaniora, published pada Volume 1 jurnal ini pada April lalu, Alhamdulillah sebanyak 7 artikel lagi telah terbit di Volume 2 di Jurnal Takuana kita, pada, Selasa (18/10/2022). Ini adalah bukti keistiqomahan kita mengimplementasikan madrasah pengelola riset, sesuai penunjukan Dirjen Pendidikan Islam sejak tahun 2020," ujar  Kepala MAN 4 Pekanbaru, Agus Salim Tanjung MA saat dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (19/1/2022).

Menurutnya, pada edisi yang terbit  Oktober 2022  ini, artikel ilmiah diisi oleh praktisi dunia pendidikan dan pejabat publik, seperti Dr H Mahyudin, MA Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau, Pegawai Kemenag Kota Pekanbaru, Akademisi dari STAIN Bengkalis, Akademisi dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau, serta para artikel ilmiah dari para guru MAN 4 Pekanbaru.

Dijelaskannya, proses sampai ke tahapan published sendiri, terdiri dari proses yang cukup panjang, utamanya untuk penjaminan kualitas artikel.

Sentara itu, Waka Kurikulum MAN 4 Kota Pekanbaru yang juga Chief of Editor Jurnal Takuana, Cholid MA  di sela-sela kegiatan Diklat Pengawas Madrasah menjelaskan, bahwa detailnya ada 9 tahapan yang harus dipersiapkan.

"Mulai dari langkah penyusunan manuskrip, penentuan target jurnal, submit manuskrip, reply dari editor, revisi manuskrip, submit manuskrip yang direvisi, keterangan diterima /ditolaknya manuskrip, proof manuskrip dan terakhir publikasi paper," ujarnya.

Khusus di MAN 4 katanya lagi, pihaknya memang telah melakukan kegiatan pelatihan hingga pendampingan publikasi artikel ilmiah, kepada para guru sejak bulan Maret 2022 lalu.

"Sehingga kompetensi menulis paper ilmiah para guru kita cukup dapat diandalkan untuk ditransferkan ke para peserta didiknya melalui bidang studi riset dan penelitian ilmiah," ujarnya.(*)