Pemprov Riau Apresiasi Jurusan HI Fisip Unri Raih Rekor Muri Pantun Baris Terpanjang


Dibaca: 1186 kali 
Selasa, 18 Oktober 2022 - 23:45:00 WIB
Pemprov Riau Apresiasi Jurusan HI Fisip Unri Raih Rekor Muri Pantun Baris Terpanjang Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy saat menghadiri acara Rekor MURI di Auditorium Sutan Balia FISIP Unri, Selasa (18/10/2022).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengapresiasi jurusan Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Riau (FISIP Unri) yang telah meraih rekor MURI pantun baris terpanjang yaitu 10.988 baris.

Karena pantun 10.988 baris ini salah satu karya civitas akademika yang patut didukung.

"Selamat dan tentunya kami sangat apresiasi rekor murid yang diraih oleh HI FISIP Unri. Karena, pantun 10.988 baris ini salah satu karya civitas akademika yang sepatutnya kita dukung," ungkap Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy saat menghadiri acara Rekor MURI di Auditorium Sutan Balia FISIP Unri, Selasa (18/10/2022).

Masrul Kasmy berharap, ke depannya para mahasiswa terus mengembangkan potensi diri dan ilmu yang didapatkan terkait pantun, yang menjadi salah budaya Melayu ini.

"Jangan cepat berpuas diri terhadap apa yang telah diraih saat ini. Kami berharap kedepannya adik-adik mahasiswa bisa terus berkarya mengembangkan lebih baik lagi pantun kita ini," harapnya.

Selain itu, Masrul juga mengucapkan selamat atas Milad ke-43 Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau.

"Alhamdulillah, Jurusan Hubungan Internasional Universitas Riau sudah berusia 43 Tahun. Sebuah rentang usia yang begitu matang, dalam perjalanan HI FISIP Unri sudah melahirkan alumni yang telah banyak memberikan sumbangsih bagi daerah, provinsi dan negara," ucap Masrul. 

Menurutnya, studi Hubungan Internasional merupakan studi yang dapat mengikuti perkembangan zaman dengan cepat. Hal ini sesuai dengan perubahan yang terjadi di dunia dan dalam skala internasional.

"Maka dari itu, studi ini mampu menjawab permasalahan global yang semakin kompleks dengan tetap mempertahankan perspektif atau cara pandang global terhadap fenomena dan permasalahan yang terjadi," ungkapnya.

Dalam menghadapi permasalahan global yang saat ini semakin komplek, FISIP Unri membuka program studi ilmu hubungan internasional untuk mengkaji tentang isu-isu atau permasalahan pada hubungan internasional. 

Kemudian, studi Hubungan Internasional di Unri terus mempertahankan eksistensinya hingga kini baik di level dalam negeri  maupun di level luar negeri 

Sementara itu, Masrul menyatakan bahwa Pemprov Riau juga sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam acara milad HI FISIP Unri ke 43.

Karena, pada kegiatan ini juga dilaksanakan berbagai macam kegiatan seperti perlombaan di bidang akademik maupun di bidang non akademik. 

"Adanya perlombaan ini diharapkan dapat mengasah diri dan menjadi ajang dalam meraih prestasi bagi mahasiswa kita," harap Masrul.

Melalui perayaan milad ke 43 HI ini, Masrul juga menginginkan para mahasiswa HI FISIP Unri ini dapat mempromosikan Unri sebagai salah satu perguruan yang mengedepankan konsep konsep ilmu pengetahuan dan teknologi di kancah nasional. 

"Melalui kegiatan ini kita juga dapat memperkenalkan secara langsung Provinsi Riau yang kaya akan budaya melayu," ujarnya sembari menyebutkan, rekor muri ini adalah salah satu bentuk upaya melestarikan pantun sebagai kearifan lokal sastra melayu Riau.(*)