Dua Warga Thailand Kuliah di Fakultas Ekonomi Bisnis Unilak


Dibaca: 1285 kali 
Rabu, 28 September 2022 - 19:46:40 WIB
Dua Warga Thailand Kuliah di Fakultas Ekonomi Bisnis Unilak Dua warga Thailand diterima kuliah di Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Dua warga Thailand diterima kuliah di Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru.

Kedua warga itu masing-masing Muhammad Sidiq dan Abdurahhman yang kuliah di Fakultas Ekonomi Bisnis.

"Kami baru seminggu di Pekanbaru. Kampusnya sejuk, Budayanya sama seperti di Pattani, Thailand. Saya ke Pekanbaru cari pengalaman. Ilmu ekonomi nanti saya kembangkan untuk bisnis di Patthani," ujar Muhammad Sidiq ditemui saat Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2022-2023 di lapangan sepakbola Kampus Unilak, Rabu (28/09/2022).

Kegiatan PKKMB yang berlangsung selama empat hari yakni dari tanggal 28 September sampai 01 Oktober 2022 ini diikuti sebanyak 2.500 mahasiswa baru. PKKMB ini merupakan kegiatan penting yang harus diikuti, karena bertujuan untuk pengenalan dunia kampus agar mahasiswa baru mampu cepat beradaptasi, bersosialisasi, berinteraksi di Unilak. Beberapa kegiatan dilangsungkan baik di tingkat universitas maupun fakultas.

PKKMB yang dibuka oleh Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum ini ditandai dengan pemasangan jaket kuning almamater kepada dua mahasiswa Unilak.

Pemasangan jaket ini disaksikan oleh Wakil Rektor I Dr Zamzami MKom, Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto SH MH, Dekan se lingkungan Unilak, Ketua BEM Unilak Septian Fransdika, Ketua DPM Agel Purwanda, Wakil Dekan III, Kepala Biro dan Lembaga di Unilak.

“Alhamdulillah jumlah mahasiswa kami meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini lebih dari 2.500 orang yang diterima di Lancang Kuning. Dari seluruh mahasiswa itu, tahun ini kami menerima mahasiswa asing dari Thailand. Tahun-tahun sebelumnya juga ada sebenarnya dan sudah ada juga yang tamat. Mahasiswa Thailand ini memang program kita agar bisa Go Internasional. Insya Allah tahun depan kita promosi ke Vietnam dan Kamboja, karena cocok dengan Budaya Melayu. Mahasiswa dari Thailand kami bebaskan biaya SPP, jadi semua mahasiswa asing yang kuliah tidak perlu membayar SPP.  Dan saya ingin mengucapkan selamat datang kepada 2.500 mahasiswa baru yang telah memutuskan kuliah di sini. Kuliah di Unilak adalah pilihan tepat. Kami siap mewujudkan keinginan adik-adik dan para orang tua yang ingin menjadi orang sukses. Ini merupakan amanah," tutur Rektor.(*)