Gubri Sambangi Muslim World League dan IsDB


Dibaca: 304 kali 
Rabu, 21 September 2022 - 21:55:00 WIB
Gubri Sambangi Muslim World League dan IsDB Gubri H Syamsuar menyambangi Muslim World League/MWL (Badan Internasional Alqur'an dan Sunnah Arab Saudi) dan Islamic Development Bank (IsDB) di Jeddah Pada Selasa (20/09/2022) waktu setempat.

Jeddah, Hariantimes.com - Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar menyambangi Muslim World League/MWL (Badan Internasional Alqur'an dan Sunnah Arab Saudi) dan Islamic Development Bank (IsDB) di Jeddah Pada Selasa (20/09/2022) waktu setempat.

Di MWL, orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning itu disambut langsung oleh Direktur MWL Dr Abdul Rahman Bamuflih.

Gubri datang ke Badan Internasional Alqur'an dan Sunnah/Muslim World League Arab Saudi antara lain didampingi oleh Karo Kesra Zulkifli Syukur, Kadis LHK Ma'mun Murod, Ketua Badan Wakaf Indonesia Perwakilan Riau Abdul Rasyid Suharto dan akademisi Dr Satria Antoni.

"Kita berterima kasih karena sambutan Direktur Muslim World League, Bapak Dr Abdul Rahman sangat baik. Banyak hal yang kita bicarakan, terutama soal kerjasama pengembangan Qur'an Center yang saat ini kita persiapkan di Riau," ucap Syamsuar usai pertemuan.

Tidak hanya diapresiasi, pihak MWL siap membantu dan mengawal program-program yang nanti dilaksanakan di Quran Center.

"Kita kan ingin Quran Center ini nanti jadi pusat pembelajaran dan pengembangan Al-Quran di Indonesia dan Asia Tenggara. Pihak MWL siap membantu kita," tegas Syamsuar lagi.

Dalam pertemuan itu juga disepakati bahwa MWL siap bekerjasama dengan Quran Center dalam mengadakan Musabaqah Tahfizul Quran tingkat nasional dan internasional.

Tak hanya itu, dalam waktu dekat pihak MWL dan Pemprov Riau sepakat untuk membuka kelas online dalam meningkatkan kompetensi para guru khususnya bidang Alqur'an.

"Kita juga akan mengadakan training (pelatihan) untuk para hafiz dan hafizah secara digital untuk mendapatkan sanad Al-Qur’an," ungkap Syamsuar.

IsDB Segera ke Riau

Pada hari yang sama, Gubri Syamsuar dan rombongan juga berkunjung ke Islamic Development Bank (IsDB) di Jeddah.

Gubri diterima langsung Vice President, Finance, and Chief Financial Officer IsDB, Dr Zamir Iqbal beserta jajaran.

Gubri datang ke IsDB antara lain didampingi Karo Kesra Zulkifli Syukur, Kadis LHK Ma'mun Murod, Ketua Badan Wakaf Indonesia Perwakilan Riau Abdul Rasyid Suharto dan akademisi Dr Satria Antoni.

Pada kesempatan itu, Gubri bersama Vice President IsDB membahas banyak hal, terutama menyangkut pengembangan ekonomi dan keuangan syari'ah. Pihak IsDB bahkan berjanji segera datang ke Provinsi Riau.

"Kita membahas terutama soal pembangunan ekonomi dan keuangan syariah. IsDB memberikan dukungan untuk pembangunan Riau dan juga pemberdayaan wakaf sebagai penggerak ekonomi syariah di Riau," ulas Syamsuar usai pertemuan.

Setelah presentasi di depan tim IsDB, disepakati ada beberapa hal yang bisa dikerjasamakan.

Pertama, terkait tanah wakaf yang ada di Provinsi Riau akan dikembangkan menjadi tanah waqaf yang produktif.

"Salah satu lahan wakaf misalnya tanah di Simpang Sentral Komersil Arengka yang berada di pusat bisnis, yang luasnya lebih kurang 7,5 hektar dengan nilai lebih kurang 800 milyar," sebut Syamsuar.

IsDB siap memberikan bantuan untuk pengembangan tanah ini menjadi pusat bisnis yang strategis, seperti Rumah Sakit Spesialis Jantung terbesar di Sumatera, pembangunan mall, hotel dan lainnya.

"Untuk itu Tim Pengembangan Waqaf IsDB akan segera berkunjung ke Riau dalam waktu dekat untuk mengkaji potensi dan kerjasama ini. Tim dari Pemprov Riau juga diminta menyiapkan master-plan pengembangan tanah ini untuk disampaikan ke tim IsDB yg akan turun ke lokasi," kata Syamsuar bersemangat.

Kedua, Pemprov Riau sudah menyiapkan lahan untuk industri halal dan IsDB berkenan membantu pengembangannya. Bahkan industri halal ini diazamkan menjadi rujukan bagi negera islam khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Terakhir, pihak IsDB sangat mengapresiasi langkah Gubri Syamsuar yang telah berhasil mengonversi Bank Riau Kepri menjadi BRK Syari'ah. "Kedepannya banyak hal yang bisa dikerjasamakan dan di-support oleh IsDB," pungkasnya.(*)