Buka Rakorda Regsosek Tahun 2022

Plt Bupati Suhardiman Amby: Suatu Pembangunan Itu Harus Berangkat Dari Data Yang Akurat


Dibaca: 391 kali 
Selasa, 20 September 2022 - 17:35:21 WIB
Plt Bupati Suhardiman Amby: Suatu Pembangunan Itu Harus Berangkat Dari Data Yang Akurat https://youtu.be/pUnbu9vmy6Q

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com Plt Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM menyampaikan betapa pentingnya data yang akurat untuk suatu pembangunan yang dimulai dari Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) “Mencatat untuk Membangun Negeri”.

Dimana hal itu tengah disosialisasikan Pemda Kuansing guna menjamin kevalidan data melalui Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pendataan Awal Regsosek Kabupaten Kuansing tahun 2022, yang diikuti oleh 15 kecamatan dan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemda Kuansing, Selasa (20/09/2022) di Ballroom Hotel Angela Batu Ampar Teluk Kuantan.

“Suatu pembangunan harus berangkat dari data yang benar benar akurat, apapun perencanaannya musti dimulai dari data yang sempurna, sehingga bisa terarah dengan baik dan bermanfaat,” ucap Suhardiman Amby.

Lebih lanjut, Plt Bupati Kuansing menjelaskan, keuntungan data yang valid yakni dengan Satu Data, salah satunya untuk Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat. Dimana Pemerintah akan mudah untuk memberikan bantuan atau melakukan pembangunan nantinya.

“Dengan satu data, tentunya akan lebih memudahkan untuk pendataan dan data yang dibutuhkan guna melaksanakan program program yang dilaksanakan oleh pemerintah nantinya, termasuk dalam pengentasan kemiskinan,” jelas Suhardiman Amby.

Untuk itu, Plt Bupati Suhardiman Amby berharap agar semua peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan mengikuti sampai selesai kegiatan tersebut.

“Semua kecamatan, instansi harus mengikuti kegiatan ini dengan baik hingga selesai, sehingga nantinya bisa terlaksana dengan baik dan terukur,” ujar Suhardiman Amby.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kuansing Ir Budianto mengatakan, bahwa sesuai arahan dan peraturan presiden tujuan dari regsorsek ini guna untuk mendorong percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim.

“Regsosek ini juga sama dengan sensus yang akan dilakukan oleh petugas yang sudah kami instruksikan,” ujar Budianto.

Untuk itu BPS Kuansing meminta bantuan kepada Pemda Kuansing melalui Kepala OPD dan Camat turut ikut berkontribusi mensukseskan pendataan ini.

“Untuk kategori keluarga yang miskin, rumahnya di foto dengan ketentuan Variabel yang dilakukan, begitu juga mengenai tenaga kerja, kesehatan, perlindungan sosial yang sudah di salurkan pemerintah, pemberdayaan ekonomi dan pendidikan,” tandas Budianto.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Kajari Kuansing Nurhadi Puspandoyo SH MH yang diwakili Kasi Intelijen Kejari Kuansing Rozi Juliantono SH, Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi, Dandim 0302 Inhu-Kuansing Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo SSos diwakili Danramil 02/ Kuantan Tengah Lettu Arm Herdianto, serta Forkopimda Kuansing lainnya.*