Besok, 30 Wartawan se Riau Ikut Uji Kompetensi yang Digelar SPS Bersama PWI


Dibaca: 256 kali 
Senin, 19 September 2022 - 17:17:17 WIB
Besok, 30 Wartawan se Riau Ikut Uji Kompetensi yang Digelar SPS Bersama PWI Pra UKW yang dilaksanakan di Gedung Pena PWI Riau, Jalan Arifin Achmad, Senin (19/09/2022).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Riau gandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Kegiatan ini digelar di Hotel Hollywood Pekanbaru, mulai 19 hingga 21 September 2022 di Hotel Hollywood, Pekanbaru.

Dan UKW ini diikuti 30 peserta yang terdiri dari 6 orang peserta UKW Madya dan 24 orang UKW muda.

Ketua SPS Riau, Khairul Amri mengatakan, UKW merupakan bagian penting dalam sebuah perusahaan pers. Karena dalam perusahaan itu ada wartawan yang memproduksi berita. Dan hanya wartawan yang berkompeten yang bisa membuat berita yang baik

"Dalam perusahaan pers, unsur utama adalah wartawan yang memproduksi berita. Kalau beritanya bagus, maka bagus pula medianya," ujar Khairul, saat memberikan sambutan saat pra UKW yang dilaksanakan di Gedung Pena PWI Riau, Jalan Arifin Achmad, Senin (19/09/2022).

Khairul menyebutkan, wartawan merupakan unsur penting dalam sebuah media. Karena itu, pihaknya bersama menggelar UKW dengan menggandeng PWI Riau.

"UKW ini merupakan program SPS tahun ini. Dan saya berharap agar program ini diadakan setiap tahunnya. Kami berterimakasih kepada PWI cabang Riau yang berkenan menjadi partnership kota dalam melaksanakan UKW," katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang sangat menyambut baik kegiatan yang digelar SPS ini. Dengan adanya UKW, maka semakin banyak wartawan di Riau yang berkompeten.

Dikatakannya, tahap pra UKW ini adalah kesempatan bagi peserta untuk bertanya. Tidak itu saja, dalam pra UKW ini peserta akan diberi materi terkait UKW.

"Jadi, pra UKW ini boleh bertanya kepada pemateri. Silahkan tanya tentang UKW. Karena kalau sudah ujian tidak bisa tanya lagi," ucap Zulmansyah sembari menyebutkan, anggota PWI masih banyak yang belum UKW. Ada sekitar 500 lebih anggota PWI yang belum UKW. Untuk itu, pihaknya menjadwalkan Oktober atau November 2022 mendatang PWI kembali menggelar UKW.

"Di PWI masih ada sekitar 500 lebih yang belum UKW," ucapnya.(rls)