Dinas PTPH Riau Gelar Festival Pangan Lokal


Dibaca: 707 kali 
Selasa, 13 September 2022 - 19:10:00 WIB
Dinas PTPH Riau Gelar Festival Pangan Lokal Festival Pangan Lokal dihadiri Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan Ketua TP PKK Provinsi Riau Misnarni Syamsuar.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Provinsi Riau memiliki potensi pangan lokal sumber karbohidrat non beras yang cukup besar.

Potensi ini tersedia hampir di seluruh wilayah kecamatan, baik yang terdapat di pekarangan, lahan pertanian maupun dilahan perkebunan seperti sagu, talas, umbi-umbian dan lain sebagainya.

Namun, pemanfaatan potensi tersebut sampai saat ini masih belum optimal dan kurang terberdayakan.

"Yang menjadi tantangan kita saat ini adalah bagaimana kita melakukan diversifikasi makanan olahan yang berasal dari bahan pangan non beras tetapi tetap mempertahankan nilai gizi yang seimbang," ujar Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Riau Syahfalefi membuka Festival Pangan Lokal atau Lomba Cipta Menu (LCM) Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan Edukasi Pangan Lokal Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022 di Halaman Gedung Dharma Wanita Provinsi Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Selasa (13/09/2022).

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan Ketua TP PKK Provinsi Riau Misnarni Syamsuar.

Hadir pula Ketua TP PKK Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau, pelajar SMA/SMK di Kota Pekanbaru dan tamu undangan lainnya.

Dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan dalam rangka meningkatkan kreasi nilai tambah produk pangan lokal, katanya, maka dilaksanakan Lomba Cipta Menu (LCM) secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional.

"Tentunya harapan kami hasil festival ini akan dapat diaplikasikan secara permanen dan massal pada seluruh masyarakat Provinsi Riau," harapnya.

Melalui lomba ini, Syahfalefi juga berharap dapat berdampak positif terhadap peningkatan jiwa kewirausahaan ibu-ibu PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Provinsi Riau.(*)