Serahkan PIN Emas ke Mantan Rektor UIR, Prof Syafrinaldi: Segala Baktimu Takkan Kami Lupakan


Dibaca: 1772 kali 
Senin, 05 September 2022 - 17:54:40 WIB
Serahkan PIN Emas ke Mantan Rektor UIR, Prof Syafrinaldi: Segala Baktimu Takkan Kami Lupakan Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi SH MCL menyerahkan PIN Emas ke mantan rektor.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Civitas akademika Universitas Islam Riau (UIR) merayakan milad ke-60, Senin (05/09/2022).

Perayaan milad ke-60 yang berlangsung di auditorium UIR (Gedung Rektorat lt 4) dihadiri Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X (Sumbar, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi) Afdalisma SH MPd, Sekretaris Daerah Riau yang juga alumni FT UIR Ir SF Harianto ST MT yang turut menyampaikan orasi ilmiah pada rapat istimewa Senat UIR dalam rangka Milad ke-60 UIR.

Disamping itu juga hadir Ketua Dewan Pembina dan Dewan Pengawas YLPI Riau beserta jajaran, Ketua Umum YLPI Riau DR Nurman SSos MSi, beserta jajaran, Mantan Rektor UIR atas nama Almarhum H Rawi Kunin SH diwakili Dra Idar Rawi (Periode 1982-1989 & 1989-1993),  Prof Dr H Tengku Dahril MSc (Periode 1993-1997 & 1997-2001), Prof Dr H Hasan Basri Jumin MSc (Periode 2001-2005 & 2005-2009) dan Prof Dr H Detri Karya SE MA (Periode 2009-2013 & 2013-2017).

Selain itu, juga hadir para Dekan, Direktur PPS, Ketua, Sekretaris dan Anggota Majelis Guru Besar, Sekretaris dan Anggota Senat Universitas Islam Riau, Sekretaris APTISI Riau, Rektor PTS, para Mitra bisnis UIR, Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Prodi di lingkungan UIR dan Presiden Mahasiswa UIR.

Mengawali pidatonya, Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi SH MCL mengucapkan selamat Milad ke-60 UIR.

"Semoga kita dapat mewujudkan visi UIR 2041 “Menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman Dan Takwa” (To be World Class Islamic University Based on Iman and Takwa)," ucap Rektor sembari menyampaikan beberapa informasi berkenaan dengan perkembangan UIR di usia 60 tahun ini.  

Pertama; seluruh pimpinan dan civitas akademika UIR turut berdukacita atas meninggalnya Dekan FKIP Dr Hj Sri Amnah SPd MPd dan Prof Dr Seno Himalaputra SPd MPd beberapa waktu yang lalu. Semoga Allah SWT mengampuni segala dosa dan kesalahannya dan menerima amal kebaikannya serta ditempatkan di syurgaNya Allah SWT.

"Kita semua juga mendoakan kepada semua pendiri YLPI, Rektor terdahulu, Pejuang dan Tokoh UIR beserta keluarga besar yang telah bertukus lumus mendirikan dan memajukan UIR seperti yang kita saksikan saat ini. Bagi yang sudah meninggal dunia kita mendoakan “semoga Allah SWT  mengampuni segala dosa dan kesalahannya dan menerima amal kebaikannya serta ditempatkan di syurgaNya Allah SWT," ucap Rektor.

Menurut Rektor, Milad ke-60 UIR tahun 2022 ini terasa begitu sangat istimewa. Karena beberapa hal. Pertama; yang menyampaikan orasi ilmiah sangat istimewa yakni Sekretaris Daerah Provinsi Riau yang merupakan Alumni Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik tahun 1986 Ir SF Hariyanto MT.

Kedua; pada milad tahun 2022 ini mantan Rektor UIR pada periodenya hadir. Dan atas jasa dan pengabdiannya yang tulus dan ikhlas, sehingga mengantarkan UIR pada kondisi saat ini. Sangat pantas UIR memberikan apresiasi yang tinggi dan sekaligus penghargaan kepada mereka berupa PIN Emas atas semua jasa-jasa yang telah diberikan untuk kemajuan UIR selama ini. Membangun gedung dengan kontraktor Gedung dibangun dana disiapkan.

"Thanks so much Bapak-Bapak Rektor. Segala baktimu takkan kami lupakan," ucap Prof Syafrinaldi.

Ketiga; pada milad ke-60 tahun ini UIR menyelenggarakan berbagai tournament dan kejuaran untuk memeriahkan Milad UIR tahun 2022 ini seperti Tournamen Panahan memperebutkan Piala Bergilir Rektor UIR yang diikuti oleh para atlet panahan dari 5 Provinsi tetangga yakni Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau di samping atlet panahan Provinsi Riau. Turnamen Bulu Tangkis, Petanque, Tenis Meja dan lain sebagainya juga turut memeriahkan Milad ke-60 UIR.  

"Seluruh pimpinan dan civitas akademika UIR mengucapkan selamat atas prestasi anda semua yang telah berjuang dan berbuat secara maksimal untuk memajukan nama baik UIR di berbagai bidang baik akademik maupun non akademik di tingkat nasional dan internasional. Kami pimpinan UIR, Dekanat, Senat serta seluruh Civitas Akademika UIR mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada saudara semua atas prestasi yang membanggakan ini," ucap Prof Syafrinaldi.

Menurut Prof Syafrinaldi, pencapaian Visi UIR 2041 harus diikuti dengan upaya dan kerja keras sambil berdoa kepada Allah SWT.

"Dengan tagline “bersama kita bisa” insya Allah visi UIR 2041 tersebut akan dapat kita wujudkan secara bersama. Melalui kesempatan ini saya mengajak semua pimpinan UIR, Fakultas dan Program studi serta semua dosen dan pegawai untuk terus bekerja keras, bekerja dengan penuh semangat dan bekerja cerdas untuk memajukan prodi masing-masing, memajukan Fakultas, Pascasarjana dan UIR. Dalam tata kelola universitas di kampus UIR mari kita junjung tinggi budaya anti korupsi yang terdapat pada misi ke 5 UIR yaitu melaksanakan manajemen universitas yang bersih dan transparan atau yang dikenal dengan Good Islamic University Governance," ajak Rektor.

Saat ini, beber Rektor, jumlah alumni Universitas Islam Riau (UIR) sebanyak 67.394 orang dan jumlah mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 5.100 orang untuk program studi (prodi) Strata 1 (S1) dan 350 orang Mahasiswa baru untuk program Pascasarjana S2 dan S3.

Jumlah mahasiswa keseluruhannya 28.194 orang yang tersebar di 42 program studi.

UIR merupakan kampus 1 dari 22 kampus/institusi di dunia yang mendapatkan funding sebesar 89.900 Euro dari German Academic Exchange Program (DAAD) atas Kerjasama dengan Fachhochschule Dortmund dan Universitaet der Bundeswehr Muenchen, Germany pada tahun 2022.

Program ini bertemakan “Hochschuldialog mit der islamischen Welt 2022”. Sedangkan tema khususnya “Digitalization of Law And Society in Indonesia (DLSI)".

Beberapa kegiatan itu antara lain pertukaran mahasiswa Indonesia-Jerman.  Yang mana dua orang mahasiswa Fakultas Hukum UIR yakni Naurah Dwi Rengganis dan Randy Wira Andhika selama satu semester genap 2021/2022 lalu duduk di bangku kuliah di kampus Fachhochschule Dortmund Jerman dan Universitaet der Bundeswehr Muenchen.

Begitu juga sebaliknya, dua orang mahasiswa Jerman yakni Elif Dogankilic dan Julius Harder dari Fachhochschule Dortmund Jerman juga menimba ilmu di UIR selama satu semester.

Bahkan Elif Dogankilic baru saja menyelesaikan studinya di UIR pada semester genap lalu. Sedangkan Julius Harder sudah tiba di Pekanbaru pada 18 Agustus 2022 untuk kuliah selama 1 semester pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023.

Sementara dua orang Guru Besar Jerman yakni Prof Dr Michael Bohne dan Prof Dr Stefan Koos masing-masing dari Fachhochschule Dortmund Jerman dan Universitaet der Bundeswehr Muenchen juga berkunjung ke UIR untuk serangkaian kegiatan akademik dan non akademik sebanyak dua kali kedatangan.

Demikian juga dengan 1 orang Profesor dan 3 Dosen UIR (Prof Dr Syafrinaldi SH MCL, Dr Firdaus SE MSi Ak CA, Dr Admiral SH MH dan Dr Rendi Prayuda MSi berkunjung ke Fachhochschule Dortmund dan Universitaet der Bundeswehr Muenchen, Jerman  untuk kegiatan yang sama.

"Semua kegiatan itu Sebagian besar dibiayai oleh DAAD Jerman," sebut Rektor.

Dikatakannya, UIR juga sudah menjadi anggota University Mobility in Asia And Pacific (UMAP) sejak Mei 2022 lalu. Melalui wadah ini mobilitas mahasiswa dan dosen semakin terbuka untuk berkolaborasi guna pengembangan kompetensi sesuai bidang keilmuannya di kampus-kampus dalam Kawasan Asia Pasific.  

Rektor juga mengungkapkan, Program Studi Teknik Perminyakan Fakultas Teknik pada tanggal 14 Mei 2022 lalu menerima hibah software aplikasi di bidang Teknik perminyakan dari PT Schlumberger senilai USD 50 Juta atau setara dengan Rp720 miliar.

"Ini sebuah prestasi yang luar biasa bagi Fakultas Teknik, khususnya Prodi Teknik Perminyakan," puji Rektor.

Disamping itu, UIR merupakan kampus terbanyak mendapatkan hibah Penelitian dari Kemdikbud Ristek 2022 di wilayah L2DIKTI 10.  Bahkan UIR Bersama 11 PTS lainnya dinobatkan sebagai kampus terbaik di Indonesia dalam penyelenggaraan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemdikbud Ristek 2022. Karena itu, Kemdikbud Ristek memberikan apresiasi dana sebesar Rp900 juta  dalam berbagai kegiatan riset dan PKM.

Ananda Johan Hariwitonang, mahasiswa Fakultas Pertanian UIR berhasil memenangkan program SPACE-E dan akan berangkat ke Saga University, Jepang untuk program Exchange Student selama satu tahun dengan biaya dari Pemerintah Jepang.

Dita Putri Purnama mahasiswi Teknik Perminyakan UIR memenangkan Global Undergraduate Exchange Program (UGRAD) untuk berkuliah di University of Kansas, Jayhowk, Lawrence, USA  selama 1 semester 2022 ini.

Sri Wahyuni, mahasiswi Fakultas Psikologi UIR berhasil memenangkan program IISMA Award dari Kemdikbud Ristek untuk studi selama satu semester di Binghamton State University, USA.

Pada April 2022 lalu, UIR kembali dipercaya oleh Pemerintah untuk penambahan prodi baru yaitu Program Studi S2 Magister Manajemen dengan diterbitkannya Keputusan Mendikbudristek No.208/E/O/2022 pada tanggal 21 Maret 2022. Ini merupakan Prodi ke 42 bagi UIR atau Prodi ke-8 bagi Program Pascasarjana.

Pada 8 Juni 2022 lalu, secara resmi UIR masuk di dalam List 20 Kampus di Indonesia yang tercatat dalam World Class University (WCU). Ini awal yang sangat baik bagi UIR untuk mewujudkan visinya (2041) “Menjadi Unversitas Islam berkelas dunia berbasis iman dan takwa”.

Dr. Eng. Muslim ST MT pada tahun ini mendapatkan hibah dari BRIN untuk menjadi Peneliti di berbagai Lembaga riset di tanah air.

Dr Evizal MT baru saja pulang dari Harvard University, USA berhasil mendapatkan hibah World Class Professor (WCP) dari Kemdikbud Ristek 2022 serta baru saja lolos menjadi Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) INFOKOM.

Pusat studi Energi DPPM UIR juga dipercaya oleh dunia industry dan Pemerintah untuk melakukan kajian-kajian bidang perminyakan dengan nilai proyek Rp 4 Milyar lebih pada tahun 2022 ini dari Pertamina Hulu Rokan.

Dilihat dari status akreditasi UIR sudah memiliki 9 Prodi berakreditasi “A” dari BAN-PT dan 21 Prodi Berakreditasi “B”, 2 Prodi Berakreditasi BAIK SEKALI, 9 Prodi berakreditasi “BAIK” dan 1 Prodi “Belum Berakreditasi”.  

Di samping itu hingga kini UIR sudah memiliki 3 (tiga) Fakultas yang bersertifikasi ISO 9001:  2015 yaitu FH, FAI dan FISIPOL. Sertifikasi ISO sangat penting dan berkontribusi dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi dan akreditasi.  

Sebanyak 18 program studi di UIR juga sudah mendapatkan rekonisi internasional dari ASIC, United Kingdom.  

Posisi UIR saat ini berada pada peringkat 120 pada Top Islamic Universities in the world pada tahun 2021.  

Hingga kini UIR memiliki 10 Profesor, 56 Associate Professor, 178 orang dosen berkualifikasi Doktor dan 150 orang dosen sedang melanjutkan studi ke strata Doktor (S3) baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Diakhir pidatonya, Rektor menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Riau beserta Forkompinda, para Bupati dan Walikota se Riau, Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah X dan Koordinator Kopertais Wilayah XII  Pengurus YLPI Riau dan jajaranya, seluruh Mitra bisnis dan mitra akademik UIR, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Sekretaris Senat, Guru Besar dan seluruh anggota senat UIR, pimpinan Fakultas dan unit, para dosen dan tenaga kependidikan serta seluruh organisasi mahasiswa UIR serta pihak lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu atas bantuan dan kerjasamanya yang maksimal selama ini. Sehingga UIR mencapai kemajuan seperti saat ini.

'Melalui kesempatan ini, kami selalu menyampaikan permohonan bantuan kepada Bapak dan ibu semua baik itu bantuan pemikiran, saran maupun kritikan dan lainnya agar UIR bisa lebih baik dan lebih maju lagi pada masa yang akan datang. Mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberikan Taufik dan HidayahNya kepada kita semua," tutur Rektor.(*)