Berkat Sinergi, Angka Inflasi Riau Turun


Dibaca: 754 kali 
Kamis, 01 September 2022 - 22:50:00 WIB
Berkat Sinergi, Angka Inflasi Riau Turun Pasar murah menjadi salah satu indikator untuk menekan inflasi.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Upaya Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar yang gencar menekan inflasi di Bumi Lancang Kuning menuai hasil positif. Itu terbukti dengan menurunnya angka inflasi menjadi lima persen pada Kamis (01/09/2022).

Sebelumnya, inflasi di Riau menembus angka tujuh persen. Berkat kerja keras Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau yang saling bersinergi dalam menjalankan program-progam sesuai arahan Presiden Jokowi, maka angka inflasi saat ini mengalami penurunan.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, tercatat selama Agustus 2022 Riau mengalami deflasi sebesar 1,23 persen, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 111,97 poin. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Riau Misfaruddin mengatakan, inflasi yang terjadi di Provinsi Riau secara tahun kalender atau sepanjang Januari hingga Agustus 2022 sebesar 4,86 persen dan inflasi Tahun Ke Tahun (Agustus 2021-Agustus 2022) sebesar 5,84 persen.

“Tercatat dari 3 kota IHK di Provinsi Riau, semua kota mengalami deflasi yaitu, Kota Pekanbaru sebesar 1,24 persen, Kota Dumai sebesar 1,05 persen dan Kota Tembilahan sebesar 1,56 persen,” Katanya.

Dipaparkannya, penurunan inflasi di Riau itu terjadi karena penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya 2 indeks kelompok pengeluaran, seperti kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 4,22 persen dan kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,01 persen. 

“Yang memberikan andil penurunan harga pada Agustus ini antara lain ada cabai merah, bawang merah, cabai rawit, minyak goreng, cabai hijau, daging ayam ras, tomat dan lain-lain,” jelasnya.

Selain itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Provinsi Riau Taufiq OH mengatakan, harga cabai di Provinsi Riau sudah mulai mengalami penurunan. Harga cabai pada Juli 2022 lalu Rp120 ribu, dan Rp100 ribu. Kemudian saat ini turun hingga harga Rp50 ribu. 

"Sekarang di Agustus akhir ini sudah cenderung menurun. Juli lalu itu masih Rp120 ribu dan Rp100 ribu. Itu turun terus. Terakhir kemarin sampai harga di Rp50 ribu," pungkasnya.(*)