Alumni Faperta UIR Serahkan Qur’an Wakaf dan Sertifikat kepada 83 Tahfidz


Dibaca: 1993 kali 
Kamis, 25 Agustus 2022 - 16:58:25 WIB
Alumni Faperta UIR Serahkan Qur’an Wakaf dan Sertifikat kepada 83 Tahfidz Pengelola Perkumpulan Kurnia Wakaf Al-Qur’an Ir AZ Fachri Yasin MAgr menyerahkan wakaf Al-Qur’an kepada tahfidz.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau (Faperta UIR) akan melaksanakan Reuni Akbar dan Milad ke-45 pada 10, 12 dan 13 November 2022.

Bersempena Reuni Akbar dan Milad ke-45 ini juga akan dilaksanakan Seminar Nasional yang fokus pada bidang Agroteknologi, Agribinis dan Budidaya Perikanan dengan narasumber para alumni dan pakar pertanian.  

Melalui seminar ini, diharapkan mampu memberikan pemikiran konkrit untuk mendukung penuh program pembangunan daerah Riau yang berkaitan dengan sektor pertanian.

Sementara dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa untuk menunjang peningkatan mutu sumberdaya manusia Riau di masa depan, juga telah dilaksanakan penyerahan dan Al-Qur’an Wakaf dan sertifikat kepada 83 tahfidz yang telah menghapal 3-30 Juz, Kamis (25/08/2022). Pada saat tersebut, para tahfidz didampingi orangtua atau wali.

Pada kegiatan ini, juga dilaksanakan Wisuda ke-1 oleh Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur’an (FKPQ) yang diketuai Jamil Siregar SP dengan Sekretaris Akmal ST serta didukung pemerhati Tahfidz. Kegiatan FKPQ ini atas kerjasama IKA Faperta UIR, Panitia Reuni Akbar Faperta UIR dan Dekan Faperta UIR.

"Kegiatan wisuda ini didukung penuh oleh Plt Kementerian Agama Kota Pekanbaru Abdul Wahid SAg MIkom," sebut Mantan Dekan dan Dosen Faperta UIR sekaligus Pengelola Perkumpulan Kurnia Wakaf Al-Qur’an yang terlibat langsung dalam pengelolaan wakaf Al-Qur’an dalam kegiatan ini, Ir AZ Fachri Yasin MAgr kepada Hariantimes.com, Kamis (25/08/2022).

Pada acara tersebut, beber Fachri Yasin, juga dilakukan penyerahan wakaf Al-Qur’an terjemahan kepada pengurus Masjid Munowarah di Kampus UIR. Wakaf Al-Qur'an ini bersumber dari Alumni dan Dosen Karyawan Faperta UIR. Selain itu, diserahkan juga Al-Qur’an dari alumni Faperta UIR kepada FKPQ.

"Semoga penyerahan wakaf ini memberikan manfaat dalam upaya meningkatkan mutu iman dan taqwa," harap Mantan Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau ini.

Fachri Yasin menyampaikan, jumlah Al-Qur’an wakaf yang bersumber dari  para alumni Faperta UIR saat ini telah mencapai 127 Al-Quran dengan sasaran IKA Faperta UIR sebanyak 500 Al-Qur’an.

"Sampai saat ini telah terkumpul sebanyak 421 Al-Qur’an wakaf dari berbagai kelompok pewakaf yang akan diberikan kepada para Tahfidz penghapal minimal 2 juz. Ketika ditanyakan kepada Ketua IKA Faperta UIR (Herman) dan Ketua Panitia Reuni Akbar (Ujang Paman), keduanya sangat berkeyakinan dapat dipenuhi sasaran 500 Al-Qur’an wakaf tersebut," beber Fachri Yasin.

Berkaitan dengan wakaf Al-Qur’an alumni ini, sebut Fachri Yasin, para dosen dan karyawan tidak mau ketinggalan pula untuk memberikan wakaf tersebut. Wakaf Al-Qur’an ini akan diberikan kepada 116 tahfidz yang telah hapal minimal 2 Juz dan diberikan sertifikat oleh FKPQ sebagai Wisuda kedua.

"Penyelenggara kegiatan ini berkolaborasi dengan Panitia Milad Faperta UIR ke-45 dan Panitia Reuni Akbar  di Aula Faperta UIR pada 10 November 2022 mendatang," katanya sembari menyebutkan, kegiatan wakaf Al-Qur’an dari Alumni serta Dosen dan karyawan Faperta UIR ini direspon positif oleh Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi SH MCL dan Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Dr Nurman.

"Semoga kegiatan Reuni akbar dan Milad ini patut diseiringkan dengan penyerahan wakaf Al-Qur’an ini patut dilestarikan," harap Fachri Yasin seraya menyampaikan, kegiatan wakaf ini memperoleh respon positif dari warga Riau.(*)