Pengurus SMSI Siak Dilantik, Jamaludin: Pemkab Siap Jadi Narasumber Data dan Informasi yang Dibutuhkan


Dibaca: 1022 kali 
Selasa, 23 Agustus 2022 - 21:25:00 WIB
Pengurus SMSI Siak Dilantik, Jamaludin: Pemkab Siap Jadi Narasumber Data dan Informasi yang Dibutuhkan Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Siak resmi dilantik, Selasa (23/08/2022).

Siak, Hariantimes.com - Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Siak resmi dilantik, Selasa (23/08/2022).

Prosesi pelantikan yang langsung dilakukan oleh Ketua SMSI Provinsi Riau H Novrizon Burman ini diselenggarakan di Gedung Tengku Mahratu Siak.

Acara pelantikan dihadiri Asisten III Sekdakab Siak Drs Jamaludin MSi, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, Perwakilan Forkopimda, dan beberapa organisasi kemasyarakatan.

Sedangkan turut mendampingi Ketua SMSI Riau antara lain Dewan Penasehat SMSI Riau Helmi Burman, Sekretaris SMSI Riau Zulmiron, Wakil Bendahara SMSI Riau Herlina dan Ketua Seksi Pemberdayaan Ekonomi Kreatif SMSI Riau Martalena.

Usai pelantikan, Ketua SMSI Siak Yanti Sugrianti menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Siak, terkhusus Bupati Siak Alfedri yang mendukung penuh kehadiran SMSI di Negeri Istana.

Dikatakan Yanti Sugrianti yang akrab disapa Teteh ini, SMSI adalah organisasi perusahaan pers. Dan yang bergabung di SMSI ini adalah pemilik media.

"SMSI beda dengan PWI. Kalau SMSI ini adalah organisasi perusahaan media siber atau media online. Tapi PWI adalah organisasi wartawan. Namun demikian, SMSI berada dibawah PWI. Karena itu, meski kami di SMSI tapi kami juga wartawan anggota PWI," sebut Teteh seraya menyampaikan, kehadiran SMSI di Siak ini adalah mitra dari Pemerintah Kabupaten Siak dan siap bekerjasama dalam mempublikasikan program pembangunan yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Siak.

"Kita SMSI siap bekerjasama dengan Pemkab Siak dalam mensosialisasikan program pembangunan yang akan dilaksanakan maupun yang sudah dilaksanakan," sebut Teteh.

Sementara itu, Ketua SMSI Provinsi Riau H Novrizon Burman menyampaikan, SMSI merupakan organisasi perusahaan pers yang sudah menjadi konstituen Dewan Pers sejak 29 Mei 2020 lalu.

"Saat ini ada 10 organisasi yang sudah menjadi konstituen Dewan Pers. Dari 10 organisasi pers itu empat di antaranya adalah organisasi profesi Wartawan yaitu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Pewarta Foto Indonesia (PFI). Dan enam lagi adalah organisasi perusahaan pers yaitu Serikat Perusahaan Pers (SPS), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI) dan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI)," beber Novrizon.

Ke depan, sambung Novrizon, SMSI bertekad agar media siber anggota SMSI terdata dan terverifikasi. Karena pemerintah khususnya Pemerintah Provinsi Riau telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur persyaratan bagi media cetak maupun online yang akan mengajukan kerjasama publikasi.

"Terkait Pergub ini, saya menghimbau kepada kawan-kawan SMSI untuk segera melengkapi persyaratan, minimal terverifikasi administrasi," imbau Novrizon.

Sedangkan Bupati Siak diwakili Asisten III Sekdakab Siak Drs Jamaludin MSi berharap, SMSI Kabupaten Siak dapat memberikan kontribusi positif kepada kemajuan Riau umumnya dan Siak khususnya.

Menurutnya, antara Pemerintah dan media sejatinya mempunyai hubungan simbiosis mutualisme.

"Pemkab Siak selalu siap sedia menjadi narasumber data dan informasi yang dibutuhkan," ujarnya.(*)