Atraksi Pawai Jalur Asal Baserah Mampu Pukau Masyarakat Penonton di Tepian Narosa Teluk Kuantan


Dibaca: 802 kali 
Ahad, 21 Agustus 2022 - 21:44:46 WIB
Atraksi Pawai Jalur Asal Baserah Mampu Pukau Masyarakat Penonton di Tepian Narosa Teluk Kuantan https://youtu.be/2Y7EaZuh178

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com Penampilan jalur-jalur asal Baserah Kecamatan Kuantan Hilir pukau masyarakat dan tamu-tamu VIP yang merupakan pengunjung pada perhelatan akbar Festival Pacu Jalur Tradisional Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dimana aksi jalur-jalur dari Baserah itu berlayar dengan membawa tulisan dengan bahasa ciri khas daerah, yakni “BASOGHA” dari pancang start hingga ke pancang finish, penampilan inilah yang merupakan perbedaan jalur-jalur asal Baserah Kecamatan Kuantan Hilir dari kecamatan lainnya di Tepian Narosa Teluk Kuantan, Ahad (21/08/2022).

Penampilan ini merupakan sebagai wujud dukungan penuh masyarakat Baserah Kecamatan Kuantan Hilir terhadap perhelatan akbar kebudayaan asli Kabupaten Kuansing yang sudah 2 tahun ditiadakan pelaksanaannya disemua gelanggang.

Selain berhasil memukau penonton yang menyaksikan helatan itu, aksi-aksi jalur dari Baserah ini juga berhasil membuat bangga putra daerah Kuansing asal Baserah, hal itu terungkap dari sejumlah pengakuan masyarakat.

Dimana hal ini tidak terlepas dari kepiawaian seorang Camat Jhon Pitte Alsi SIP yang memimpin Kecamatan Kuantan Hilir, dimana masyarakatnya selalu kompak dalam pelestarian kebudayaan dan mendukung penuh program kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kuansing untuk memajukan daerah dibidang kebudayaan, terutama Pacu Jalur.

“Hebat Basogha indak (tidak) diragukan lagi,” ungkap Drs Yusriadi yang akrab disapa Bujang alias Ardi Sorah yang merupakan salah seorang masyarakat perantau Baserah di Pekanbaru, Ahad (21/08/2022).

“Baik di contoh pada Parade perahu di Basogha untuk tahun berikut nya. Semoga semakin meriah dari tahun sebelumnya Insya Allah,” ucap Arnida Warnis yang akrab disapa Ida, merupakan masyarakat perantau Baserah di Kepulauan Riau (Kepri) menambahkan.

Selain itu, ungkapan rasa bangga masyarakat Baserah juga muncul dari Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Provinsi Riau, Datuk Raja Yoserizal Zen MSn melihat kekompakan yang ditampilkan jalur-jalur asal Baserah Kecamatan Kuantan Hilir itu.

“Basogha kompak,” ucap Raja Yoserizal Zen menimpali, dengan penuh semangat meskipun menyaksikan kekompakan atraksi jalur-jalur asal Baserah melalui sebuah video.

“Terimakasih Pak Camat, atas tulisannya dan kekompakan 7 perahu Basogha,” ucap Muhammad Iqbal Fikri yang merupakan pemuda asal Baserah ikut menambahkan.

Selain itu, Ketua Umum (Ketum) Pekan Budaya dan Festival Pacu Jalur Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2022 di Tepian Lubuok Sobae Baserah Kecamatan Kuantan Hilir yang lalu, H Wariman DW SP MSi juga mengapresiasi hal tersebut.

Kemudian, Penasehat Ahli (PA) Bupati Kuansing, Ir H Irman Oemar yang juga sangat terharu dengan penampilan jalur-jalur asal Baserah itu, turut serta mengungkapkan rasa bangganya terhadap daerah kelahirannya itu.

“Aku Bangga jadi Ughang Basogha,” ucap Irman Oemar yang merupakan mantan Kadiskominfo Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan juga mantan Pj Bupati Serdang Bedagai (Sergai) itu.

Ungkapan rasa bangga sekaligus haru juga dilontarkan oleh mantan Kapolsek Kuantan Hilir yang pernah menjabat Kasat Reskrim Polres Inhu, dimana beliau merupakan salah satu Tokoh Masyarakat Baserah di Pekanbaru, Riau.

“Luar biaso, bangga dengan Basogha,” tulis AKBP (Purn) Suprapto yang akrab disapa Gatot itu, sebagai wujud rasa bangganya terhadap tanah kelahiran Baserah.

Selain itu, Anggota DPRD Kuansing Riko Nanda yang merupakan putra asli Baserah Kecamatan Kuantan Hilir itu juga ikut melontarkan ungkapan bangga terhadap daerah kelahirannya.

“I Love U Basogha,” ucap Riko Nanda, seraya menambahkan emotikon gambar hati berwarna pink.

Selain itu, masih banyak lagi masyarakat dan para tokoh asal Baserah yang ikut bangga dengan apa yang telah ditampilkan dalam atraksi jalur tersebut.*