Desa Wisata Dayun, Sandiaga Uno: Inilah Desa Wisata yang Memiliki Paket Komplit


Dibaca: 1361 kali 
Sabtu, 20 Agustus 2022 - 19:01:24 WIB
Desa Wisata Dayun, Sandiaga Uno:  Inilah Desa Wisata yang Memiliki Paket Komplit Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berwisata ke Desa Wisata Dayun di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (20/08/2022).

Siak, Hariantimes.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berwisata ke Desa Wisata Dayun di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (20/08/2022).

Kehadiran Menparekraf disambut meriah Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar bersama Bupati Siak H Alfedri dan ribuan masyarakat Desa Dayun.  

Kehadiran Menparekraf dan rombongan juga sekaligus untuk menilai dan melihat langsung Desa Wisata Dayun yang termasuk salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Yanf mana tahun lalu, Desa Teluk Mesjid, Kampar jadi desa wisata nomor dua di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Gubri menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno beserta rombongan yang telah datang ke Kabupaten Siak, tepatnya di Kawasan Desa Wisata Embung Terpadu Dayun.

Menurut Gubri, Desa Dayun dulu daerah yang menjadi langganan kebakaran hutan.  Tempa Embung itu merupakan kawasan tampungan air untuk pemadaman api. Namun, setelah tidak terjadi lagi kebakaran hutan di sekitaran daerah tersebut masyarakat memiliki inisiatif untuk menjadikan Desa Wisata.

“Kampung Dayun ini dulu sering sekali terjadi kebakaran, memang di sini sekelilingnya gambut. Apa lagi yang berdekatan dengan danau zamrud, karena itulah adanya inisiatif dari kepala desa dan warga sekitar sini didukung dengan perhatian dari kami (Pemerintah Daerah) sehingga setelah tidak ada kebakaran lahan, desa ini menjadi desa wisata,” jelas Gubri.

Pada tahun 2021, sebut Gubri, untuk di tingkat Provinsi Riau Desa Wisata Dayun merupakan peringkat terbaik. Sehingga menurutnya, wajar jika desa ini masuk 50 besar desa wisata tebaik di Indonesia.

“Tahun lalu kampung dayun ini merupakan wisata terbaik di Riau, jadi tak salah lagi dari tim dewan juri sampai kesini sehingga dapat masuk 50 besar desa terbaik Indonesia.” terangnya.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang menetukan adalah dewan juri.

“Ini dewan juri yang menentukan Desa Dayun terpilih menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia,” katanya sembari mengapresiasi tempat wisata tersebut merupakan desa wisata yang mempunyai paket komplit. Karena dalam objek wisata terdapat embung air dan membuka peluang usaha untuk masyarakat sekitar.

“Saya menyampaikan, inilah desa wisata yang menunjukkan paket komplit. Dimana desa ini merupakan embung yang menjadi sumber air untuk memadamkan kebakaran hutan tetapi Allah SWT membukakan peluang usaha dan sekarang kita lihat dikunjungi ratusan warga,” pujinya seraya berharap, untuk kawasan Embung Terpadu Desa Wisata Dayun dapat berkolaborasi menampilkan pariwisata yang berbasis masyarakat dan berkelanjutan.

“Bukan indonesia membangun desa, tetapi desalah yang membangun Indonesia," tegas Sandiaga Uno.

Sebelumnya, Gubri H Syamsuar bersama Menparekraf Sandiaga Uno dan Bupati Siak, H. Alfedri, melakukan penanaman simbolis bibit pohon Eukaliptus di pinggiran Embung Terpadu Desa Dayun.(*)