Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekan RI ke-77 RI di Unilak Diikuti Lebih 300 Peserta


Dibaca: 956 kali 
Rabu, 17 Agustus 2022 - 22:55:00 WIB
Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekan RI ke-77 RI di Unilak Diikuti Lebih 300 Peserta Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekan RI ke-77 RI di Unilak.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Lebih dari 300 peserta mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekan RI ke-77 RI di Universitas Lancang Kuning (Unilak), Rabu (17/08/2022).

Hadir di antaranya Wakil Rektor II Harde SE MM, Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto SH MH, Dekan, Kepala Bidang/lembaga, dosen dan karyawan.

Dengan menggunakan seragam baju batik,  para peserta upacara yang hadir sejak pukul enam tiga puluh pagi telah berbaris di lapangan sepakbola Unilak.

Tepat pukul 07.15 WIB, pelaksanaan upacara Kemerdekaan HUT RI ke-77 dimulai. Bertindak sebagai pemimpin upacara Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum. Sementara petugas pengibar bendera dan komandan upacara dari resimen mahasiswa Unilak.

Detik-detik pengibaran bendera di lapangan sepakbola Unilak pun berjalan sukses dan lancar. Bendera merah putih berkibar dengan sempurna. Selain pengibaran bendera, di saat upacara juga dilakukan pembacaan pembukaan UUD 1945 dan Janji Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor Unilak Dr Junaidi dalam amanatnya menyebutkan, peringatan Dirgahayu RI pada 17 Agustus 2022 tentu ini menjadi karunia Tuhan yang harus disyukuri, bahwa pada saat ini merasakan kemerdekaan.

"Untuk itu, kita harus mengisi kemerdekaan dengan mendukung program-program pemerintah dalam memajukan Indonesia," katanya.

Tema peringatan hari jadi Indonesia pada tahun ini adalah pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat ini memberikan makna kepada kita semua bahwa Indonesia dunia baru saja dilanda oleh wabah covid 19.

"Kita harus memaknai peringatan ini dalam konteks Universitas Lancang Kuning, bahwa kita harus meningkatkan profesionalitas kita dalam menjalankan tugas kita di Universitas Lancang Kuning. Tugas pokok kita sebagai dosen sebagai karyawan harus kita laksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai tupoksi yang telah ditetapkan. Kita para pendidik dosen yang akan melahirkan insan-insan kita memiliki tanggung jawab untuk memajukan SDM di Indonesia. Pada kesempatan ini, mari kita kuatkan tekad kita kuatkan untuk bekerja lebih baik bekerja lebih profesional. Sehingga ini akan memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa Indonesia. Dan ini membuat kita harus cepat untuk melakukan pemulihan pemulihan dari sisi kesehatan pemulihan dari sisi ekonomi tentu ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk tetap bangkit lebih kuat bangkit lebih kuat untuk menyelamatkan bangsa ini untuk menyelamatkan masyarakat Indonesia," papar Dr Junaidi.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan berbagai kegiatan perlombaan. Di antaranya lomba makan kerupuk, lomba makan biskuit, lomba sendok kelereng, lomba pacu goni, lomba joget balon. Dalam memeriahkan HUT RI ini, panitia juga telah menyediakan berbagai hadiah untuk para pemenang.

Ketua Panitia Lomba Wenti Sastrawita SKom MM yang juga Kepala Biro Administrasi Umum mengatakan, berbagai lomba digelar dalam rangka untuk memeriahkan HUT RI ke-77 selain itu untuk memupuk rasa kekompokan dan kebersamaan di lingkungan pegawai Unilak dan dosen. Sehingga diharapkan tercipta semangat untuk bekerja, budaya disiplin dan kekompakan, persatuan dan kesatauan terjalin semakin erat.(*)