Sempena HUT ke-65 Provinsi Riau, Gubri Serahkan Penghargaan Anugerah Budaya


Dibaca: 328 kali 
Kamis, 11 Agustus 2022 - 16:16:19 WIB
Sempena HUT ke-65 Provinsi Riau, Gubri Serahkan Penghargaan Anugerah Budaya Sempena HUT ke-65 Provinsi Riau, Gubri Serahkan Penghargaan Anugerah Budaya.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyerahkan sejumlah penghargaan pada rangkaian upacara HUT ke-65 Provinsi Riau yang dilaksanakan di Laman Gedung Daerah Jalan Diponegoro Pekanbaru, Selasa (09/08/2022).

Penghargaan itu antara lain Anugerah Budaya yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada orang atau komunitas di Provinsi Riau, yang memiliki prestasi serta kontribusi luar biasa sesuai bidangnya dalam pemajuan kebudayaan di Provinsi Riau.

Ketua HUT ke-65 Provinsi Riau yang juga Kadis Pariwisata Riau Roni Rakhmat SSTP MSi menjelaskan, sejumlah penghargaan yang diberikan itu sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi yang termaktub pada misi ke-4 Gubernur Riau, yaitu mewujudkan budaya Melayu sebagai payung negeri dan mengembangkan pariwisata yang berdaya saing.

“Gubernur memberikan penghargaan di bidang pariwisata dan kebudayaan seperti penghargaan untuk Insan Kreatif, Anugerah Budaya untuk Tokoh dan Pelaku Budaya, Pemenang Film Melayu Riau, dan lain-lain adalah komitmen beliau terhadap lokalitas Riau dan pengembangannya melalui pariwisata,” sebut Kadispar Roni usai mengikuti upacara HUT ke-65 Provinsi Riau," sebut Roni Rakhmat.

Ke depan, katanya, akan terus dilakukan optimalisasi program penunjang yang berdampak kepada masyarakat serta pelestarian budaya Melayu dan pengembangan bidang ekonomi kreatif di Provinsi Riau.

“Menyemarakkan hari jadi ke-65 Provinsi Riau ini telah banyak kegiatan yang sudah diselenggarakan. Dan masih banyak kegiatan besar lainnya yang akan kita laksanakan seperti pawai budaya, kenduri Riau dan seterusnya,” terang Roni.(*]

Penghargaan yang Diberikan Gubernur Riau:

Penerima Anugerah Budaya:
Kategori Tokoh Budaya Anugerah Abdi Budaya kepada Almarhum Al azhar.

Kategori Tokoh Budaya:
Musrial Mustafa
Drs Raja Indra Maulana MH
Mashuri
Drs Fakhri Yohanis alias Fakhri Semekot
H Herman Maskar
Tuan Guru Syafrudin
Junaidi Syam alias Jon Kobet
Rodyah
Syafruddin alias Tatung

Kategori Pelaku Setia:
Rino Dezapaty, Mby
Syahrul Affandi

Pemenang Film Melayu Riau:
Juara 1
Judul Karya MAAKUN BUNI
Produksi Rovisual Production

Juara 2
Judul Karya ALIF
Produksi Petik Kampus Production

Juara 3
Judul Karya PR
Produksi Tonges Production

Juara Harapan 1
Judul Karya Ratik Anak
Produksi Teater Matan

Juara Harapan 2
Judul Karya Tenun Siak
Produksi Pak Indra Production

Juara Harapan 3
Judul Karya Joget Sonde (Antara Tradisi dan Kreasi)
Produksi Project Besame

Penerima Penghargaan Insan Kreatif:
Megi Irawan
Adhari Donora
Riau Rhytm Chambers Indonesia
Tepak Squad.