Wabup Bengkalis dan Kapolres Nonton Jaran Kepang Bareng Warga Selat Baru


Dibaca: 448 kali 
Rabu, 10 Agustus 2022 - 13:54:30 WIB
Wabup Bengkalis dan Kapolres Nonton Jaran Kepang Bareng Warga Selat Baru Wabup Bengkalis dan Kapolres Nonton Jaran Kepang Bareng Warga Selat Baru.

Bengkalis, Hariantimes.com - Wabup Bagus Santoso bersama Kapolres Indra Wijatmiko asik menonton hiburan seni tradisional Jaran Kepang (Jarkep) atau dikenal Kuda Lumping pada malam pertama acara pesta seni rakyat pemdes Selat Baru dalam rangkaian menyambut HUT RI ke-77 di sanggar sayang selat komplek pasar Selat Baru, Senin (08/08/2022).

Kedatangan Bagus Santoso dan Indra Wijatmiko pada malam hari mendapat  sambutan istimewa dan sangat meriah oleh seluruh masyarakat terutama pemain dan pecinta seni tradisional Jaranan. Sebelumnya pada siang hari helat pesta seni rakyat telah resmi dibuka Wabup Bagus Santoso.

Hebat Tasbih Hastawa Ketua Group Jaranan Turonggo Wiro Mudo Kencono merasa bangga atas kehadiran dan perhatian pejabat penting karena dapat memotivasi kepada pecinta seni tradisional untuk lebih mendalami mencintai budaya warisan leluhur Bangsa.

“Mewakili kawan semuanya jujur kami sangat bangga dan surprise kadatangan Pak Wabup dan Pak Kapolres. Ini momentum istimewa yang jarang terjadi,” kata Dani panggilan akrabnya.

Baik Wabup maupun Kapolres didaulat untuk menyampaikan arahan. Keduanya mengapresiasi atas terselenggaranya gelar pesta rakyat yang akan berlangsung selama setengah bulan atau 15 hari.  

“Mari rayakan HUT RI dengan kegiatan yang positif seperti malam ini bergembira nonton jaranan, tapi ingat tetap jaga kamtibmas dilingkungan masing masing,“ ajak Kapolres.

Hiburan jaranan menampilkan tontonan sakral dan terbaiknya. 12 barongan didukung 2 pengiring lagu Angga dan Dela, pengrawit gamelan pimpinan Mbah Sunar serta gabungan pemain dari kecamatan Bantan dan Bengkalis.

Nampak Wabup Bagus Santoso, Kapolres Indra Wijatmiko, Kades Rahayu Nendang duduk berbaur dengan warga mengelilingi arena pertunjukan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya saat membuka secara resmi Bagus Santoso Wakil Bupati yang juga Mantan Wakil Ketua DPRD Bengkalis Periode 2004-2009 mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut andil memeriahkan pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun ini dengan beraneka kegiatan yang positif dan produktif.(*)