Tim Dosen SEP FPK UNRI Sosialisasikan Penerapan Prinsip Halal UMKM Olahan Ikan di Dumai


Dibaca: 408 kali 
Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:38:33 WIB
Tim Dosen SEP FPK UNRI Sosialisasikan Penerapan Prinsip Halal UMKM Olahan Ikan di Dumai Tim Dosen SEP FPK UNRI Sosialisasikan Penerapan Prinsip Halal UMKM Olahan Ikan di Dumai.

Dumai, Hariantimes com - Tim dosen pengabdian Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau (FPK UNRI) Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan (SEP) selama sebulan terakhir melakukan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan terhadap pelaku UMKM makanan berbasis ikan.

Kegiatan untuk mendukung program Dumai Menuju Wisata Halal yang dipusatkan di Kecamatan Sei Sembilan ini terintegrasi dengan program Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) mahasiswa UNRI.

Ketua tim pengabdian Ir Ridar Hendri MSi mengatakan, kegiatan pembinaan dan pemberdayaan tersebut meliputi sosialisasi mengenai penerapan prinsip halal dalam produk olahan ikan yang perlu diperhatikan oleh UMKM di Dumai. Materi ini disampaikan anggota tim Ir Eni Yulinda MP. Selanjutnya juga disosialisasikan tentang tata cara pengurusan sertifikat halal untuk UMKM dan cara mengatasinya jika terdapat kendala. Materi ini dipresentasikan oleh Ridar Hendri dan Dr Ir Hendrik MS. Tim juga memperagakan teknik memproduksi tekwan ikan kakap, makanan khas Sumatera bagian Selatan,  di bawah arahan instruktur Clara Yolandika SP MSi. Kegiatan sosialisasi berlangsung selama tiga hari, 27 hingga 29 Juli 2022 di aula Kantor Camat sei Sembilan.

"Sekitar 30 pelaku UMKM ambil bahagian dalam kegiatan ini," katanya.

Ir Eni Yulinda menambahkan, kegiatan ini sangat penting dalam rangka membina dan memberdayakan UMKM makanan Berbasis ikan di Dumai, dalam rangka pengembangan usaha mereka ke depan, terutama menyongsong era wisata halal di kota itu.

Camat Sei Sembilan Hergustiman SSos MSi dalam pertemuan dengan tim sangat mengapresiasi dukungan dari tim dosen dan mahasiswa Kukerta terintegrasi UNRI.

“Kami memang tengah mengembangkan wisata halal dan religi di Sei Sembilan, dan Dumai pada umumnya,” katanya.

Clara Yolandika menambahkan, kegiatan ini juga terintegrasi dengan kegiatan kuliah kerja nyata (Kukerta) mahasiswa UNRI.  

“Kami juga didukung oleh 10 mahasiswa Kukerta dari berbagai fakultas. Baik dalam persiapan sosialisasi, penyediaan alat peraga, maupun pelayanan pasca sosialisasi kepada peleku UMKM,” kata Clara didampingi asisten lapangan kegiatan Zikri Fahmi SPi.

Mahasiswa Kukerta UNRI akan mendampingi UMKM dalam proses pendaftaran sertifikasi halal atau pengurusan kendala yang dihadapi dalam proses itu. Selain itu, mereka juga turut berpartisipasi dalam kegiatan Peringatan 1 Muharram 1444 H, gotong royong, senam sehat bersama, kegiatan Posyandu, dan membantu mengajar di sekolah.

Kegiatan lain mahasiswa adalah membuat denah lokasi RT se-Desa Bangsal Aceh berbasis Google Map, serta pendataan aset layanan umum  (rumah sakit, puskesmas, sekolah, rumah Ibadah, SPBU, ATM, dan bangunan lain). Ketua kelompok mahasiswa Kukerta, Rezky, menambahkan, semua kegiatan Kukerta terintegrasi di desa, bekerjasama dengan perangkat desa, Ikatan Pemuda, di bawah bimbingan dosen, Clara Yolandika.(*)