Plt Bupati Kuansing Panen Raya Hortikultura di Jalur Patah

Suhardiman Amby: Kuansing Harus Mampu Mandiri Pangan


Dibaca: 1399 kali 
Sabtu, 06 Agustus 2022 - 10:01:00 WIB
Suhardiman Amby: Kuansing Harus Mampu Mandiri Pangan https://youtu.be/YFgCWFmLYvE

JALUR PATAH, HarianTimes.com Plt Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM melaksanakan “Panen Raya” di Agro Wisata Desa Jalur Patah Kenegerian Teratak Air Hitam Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dimana Plt Bupati H Suhardiman Amby tampak didampingi Camat Sentajo Raya Jhon Hendri SAg MSi, Danramil 02/ Kuantan Tengah Lettu Arm Herdianto, Kapolsek Benai Iptu Donal Jonson Tambunan SH, Kepala Desa Jalur Patah Fahrizal, para BPD, pemangku adat beserta pemangku kepentingan lainnya, Sabtu (06/07/2022) pagi.

Plt Bupati Suhardiman Amby menyampaikan, bahwa hal ini adalah suatu langkah awal Kabupaten Kuansing harus mampu Mandiri Pangan, dimana kedepannya Kuansing diharapkan mampu mencukupi kebutuhan masyarakatnya sendiri.

“Ini adalah suatu langkah awal yang sudah dilakukan oleh Pak Camat Jhon Hendri bersama Pak Kades Jalur Patah Fahrizal, dimana dari awal kita sudah mencanangkan bahwa dari 15 kecamatan yang ada diharapkan setiap kecamatan memiliki varietas tanaman unggulan yang menjadi komoditas unggulan nantinya, sehingga semua kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi oleh komoditas yang ditanam itu nantinya, seperti halnya di Benai dengan komoditas Padi, disini misalnya kacang panjang atau yang lainnya lah,” ungkap Suhardiman Amby yang bergelar adat Datuk Panglimo Dalam itu.

Suhardiman Amby minta agar Agro Wisata Desa Jalur Patah ini terus dikembangkan lagi, namun harus lebih menonjolkan lagi komoditas yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat lokal, demi mencukupi kebutuhan masyarakat itu sendiri.

“Untuk itu saya sudah minta kepada Pak Camat agar segera disusun berapa jumlah luas lahannya, sehingga kita tau berapa kekuatan yang bisa menghasilkan nantinya,” tambah Suhardiman Amby.

Sebelumnya, Kepala Desa (Kades) Jalur Patah Fahrizal menyampaikan, bahwa dari luasan lahan yang tersedia cukup luas ini, yang telah digarap kurang lebih seluas 1,5 hektare (ha). Dimana dari 1,5 hektare ini yang sudah ditanami, yakni dengan komoditas melon, labu, jagung, dan kacang panjang.

“Ini sudah menjadi komitmen bagi kami untuk mendukung program ketahanan pangan nasional termasuk dukungan terhadap pemerintah daerah dalam pencanangan Kuantan Singingi Mandiri Pangan, dengan membuka lahan yang tidak produktif untuk dijadikan lahan pertanian dan perkebunan mampu menghasilkan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Sentajo Raya Jhon Hendri SAg MSi menjelaskan bahwa pihaknya hanya ingin mendorong petani untuk mau bercocok tanam dan memanfaatkan lahan kosong yang tidak produktif dan masyarakat yang mau bertani bisa hidup lebih layak, apa lagi saat ini masih dalam status dilanda wabah virus corona.

Lebih lanjut, Jhon Hendri menjelaskan, pelaksanaan program ketahanan pangan Desa Jalur Patah tersebut melibatkan, kelompok tani setempat, masyarakat desa setempat dan penyuluh dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kuansing.

“Kegiatan ini kita laksanakan dengan tujuan untuk merangsang dan memotivasi bagi masyarakat agar bersedia dan mau bertani dengan memanfaatkan lahan yang tidak lagi produktif agar dikelola kembali dan dimanfaatkan kembali sehingga bisa menghasilkan dengan hasil yang maksimal nantinya, tentunya dengan lahan yang sudah dipersiapkan oleh Pemerintahan Desa Jalur Patah yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nantinya,” ungkap Jhon Hendri yang merupakan jebolan S1 IAIN Pekanbaru itu.

Ditambahkan Jhon Hendri, ia berharap kepada pihak Pemerintahan Desa (Pemdes) Jalur Patah agar terus mengembangkan kegiatan ini, sebagaimana arahan Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby.

“Kita sangat berharap program seperti ini terus bisa berkesinambungan dan tidak berhenti, sehingga bermanfaat untuk kehidupan kelompok tani, untuk masyarakat yang ada di wilayah Desa Jalur Patah khususnya, dan Kecamatan Sentajo Raya umumnya, serta Kabupaten Kuantan Singingi untuk lebih baiknya lagi sehingga apa yang dicita citakan sejalan dengan instruksi dari Pak Bupati H Suhardiman Amby tentunya,” tutup Jhon Hendri yang juga diketahui terakhir kali berdinas di Satpol PP PKP Kuansing itu.*