Pelantikan Pengurus PWI Riau Masa Bakti 2022-2027 Dibarengi MoU dengan SKK Migas, RAPP, BRK dan KONI


Dibaca: 808 kali 
Jumat, 29 Juli 2022 - 21:17:06 WIB
Pelantikan Pengurus PWI Riau Masa Bakti 2022-2027 Dibarengi MoU dengan SKK Migas, RAPP, BRK dan KONI Pelantikan Pengurus PWI Riau Masa Bakti 2022-2027.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (Ketum PWI) Pusat Atal S Depari melantik pengurus PWI Provinsi Riau masa bakti 2022-2027, Jumat (29/07/2022).

Pelantikan yang dilangsungkan di Gedung Daerah Balai Serindit, Komplek Rumah Dinas Gubernur Riau ini atas dasar Surat Keputusan (SK) PWI Pusat Nomor 355-Pgs/PP-PWI/2022 tentang Pengesahan Pengurusan PWI Riau masa bakti 2022-2027. SK itu dibacakan oleh Kepala Bidang Pendidikan PWI Pusat Nurzaman Mochtar.

"Dengan ini saya melantik saudara-saudari sekalian. Tetaplah berpegang teguh pada Undang-undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, serta melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab," pesan Ketum.

Selain melantik PWI Riau, juga dilantik Dewan Kehormatan PWI Riau, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Riau dan PWI Pokja Kota Pekanbaru.

Usai dilantik, Ketua PWI Provinsi Riau Zulmansyah Sekedang mengungkapkan, kepengurusan PWI Riau merupakan yang terbesar di Indonesia. Dari total 1.046  orang anggota PWI se Riau, yang mendaftar menjadi pengurus 150 orang dan yang terpilih ada 92 orang.

Kalau mau dibandingkan dengan Kalimantan Utara (Kaltara), total pengurus mereka hanya sekitar 60 orang. Sedangkan PWI Riau 92 orang yang dilantik," ujarnya.

Masih ditempat yang sama, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengucapkan selamat dan harapannya atas pelantikan pengurus PWI Riau masa bakti 2022-2027.

"Semoga dengan pelantikan ini dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas dan profesionalitas seluruh wartawan di Riau ini," kata harap Gubri.

Pemerintah Provinsi Riau, kata Gubri, sangat terbuka terhadap kritik dari wartawan.

"Kami terbuka menerima kritikan dari insan pers, sehingga membawa perubahan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Riau," ujarnya.

Usai pelantikan, dilakukan penandatanganan naskah Memorandum of Understanding antara PWI Riau dengan SKK Migas, RAPP, Bank Riau Kepri dan PWI Riau dengan KONI Riau. MoU dengan SKK Migas, RAPP, Bank Riau Kepri menyangkut soal pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Sedangkan dengan KONI Riau tentang dukungan untuk PWI Riau mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2022 yang akan digelar di Malang Raya, Jawa Timur (Jatim).

Selain penandatanganan MoU, juga dilakukan penandatanganan cover Buku Bang Syam Dimata Wartawan. Buku ini merupakan hasil karya jurnalistik yang ditulis oleh pengurus PWI Riau berdasarkan pengalaman dan kedekatan dengan Drs H Syamsuar MSi.

MoU tersebut sebagai bentuk apresiasi para mitra kerja terhadap PWI Riau yang selama ini turut berkontribusi dalam pembangunan, terutama mempromosikan program-program pemerintah dan mitra kerja lainnya.

Gubernur Riau Syamsuar mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus PWI Riau periode 2022-2027. Dia juga menyatakan dukungan untuk PWI Riau mengikuti Porwanas 2022.

Gubri mengatakan, selama ini Pemprov Riau sudah banyak mendukung terselenggaranya kegiatan PWI Riau, termasuk Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

"Kami mendukung PWI Riau ikut Porwanas 2022 yang akan diadakan beberapa bulan lagi. Begitu pun BRK dimana saham kami besar di sana siap mendukung PWI Riau," kata Syamsuar.

Sementara itu, Communication Manager RAPP Budi Firmansyah mengatakan bawa pihaknya sangat mendukung kegiatan yang diadakan dan diikuti oleh PWI Riau. Selama ini, kata dia, RAPP selalu menyokong berbagai kegiatan PWI Riau.

"Dalam berbagai kegiatan dari periode-periode sebelumnya dan khususnya tentang Porwanas 2022 ini kami mendukung PWI Riau," kata Budi Firmansyah.

Porwanas XIII sendiri digelar tanggal 21-27 November 2022 mendatang dengan 10 cabor yang dipertandingkan yakni bridge, catur, tennis meja, tenis lapangan, bulutangkis, sepakbola, e-sport, billiar, atletik dan futsal.(*)

 

(*)