Pelabuhan Bandar Sri Setia Raja Selat Baru Resmi Bebas Visa


Dibaca: 421 kali 
Rabu, 27 Juli 2022 - 13:14:27 WIB
Pelabuhan Bandar Sri Setia Raja Selat Baru Resmi Bebas Visa Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial kepada Wakil Bupati Bagus Santoso pada acara rapat paripurna DPRD Bengkalis di Gedung DPRD Bengkalis, selasa, (26/07/2022).

Bengkalis, Hariantimes.com - Pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selat Baru Bengkalis resmi dibuka Bebas Visa untuk kunjungan khusus wisata mulai tanggal 26 Juli 2022.

Tentu ini menjadi kabar gembira bagi warga Indonesia, khususnya Bengkalis dan sekitarnya serta warga jiran Malaysia yang akan saling berkunjung antar negara.

Kondisi tersebut sempat disampaikan Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial kepada Wakil Bupati Bagus Santoso pada acara rapat paripurna DPRD Bengkalis di Gedung DPRD Bengkalis, selasa, (26/07/2022).

”Mohon Pak Wabup untuk mengkonfirmasi mengapa sampai sekarang kunjungan warga jiran Malaysia tak bisa berkunjung lewat Selat Baru,” kata Syahrial.

Dikatakannya, dibukanya Pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selat Baru Bengkalis untuk kunjungan khusus wisata dengan status Bebas Visa ini berdasarkan surat edaran Kementerian dan Hak Asasi Manusi Republik Indonesia Direktorat Jenderal Jenderal Imigrasi.

Surat edaran yang ditanda tangani Plt Dirjen Imigrasi Prof.Dr Widodo Ekatjahjana sekaligus menjawab keinginan warga Bengkalis dan warga jiran Malaysia yang masih terkendala saat akan berkunjung ke Indonesia karena belum bisa berkunjung  melalui Bandar Sri Setia Raja Selat Baru.

Dikatakan Syahrial, masyarakat sudah senang dengan dibukanya kembali BSSR hanya saja warga jiran Malaysia belum bisa. Warga jiran yang mau ke pulau Bengkalis sekitarnya harus lewat Dumai dan Batam.

Terkait dengan itu Wabup Bagus Santoso langsung berkordinasi dengan kepala Imigrasi kelas II TPI Bengkalis Dimas Pramudito dan mendapatkan kabar Ia sedang menunggu draft persetujuan di Jakarta.

“Salam dari Pak Dimas, sekarang posisi beliau di Jakarta tinggal menunggu saja tanda tangan dari Dirjen Imigrasi, Insya Allah langsung diteken,“ kata Wabup sebelum  membaca pidato Bupati Kasmarni.

Dengan telah keluarnya surat edaran tersebut mendapat respon gembira dari warga Malaysia dan Indonesia khususnya yang berdomisili di Bengkalis.

”Alhamdulillah kita bisa beraktifitas nirmal kembali, seminggu lalu warga Port Dickson, Muar dan Melaka berkunjung kerumah dinas menyampaikan perihal ini dan sekarang sudah oke,” kata wabup dengan gembira.

Hal senada disampaikan Kepala Imigrasi Dimas Pramudito saat mengabarkan seusai sholat subuh pagi tadi melalui saluran seluler.  

“Mohon izin pak Wabup, sudah kami tindak lanjuti dan sampaikan ke pak staf khusus menteri semalam, dan saya langsung disambungkan kepada Plt Dirjen imigrasi, Alhamdulillah surat sudah di tanda tangani,” kata Dimas Pramudito.

Sebagai informasi surat edaran Dirjen Imigrasi sebagai tindak lanjut tentang kemudahan keimigrasian dalam rangka mendukung pariwisata berkelanjutan pada masa pandemi corona virus disease 2019.(*)