Magang di Dinas Kominfo Siak, Mahasiswa Dapat Materi Ilmu Jurnalistik


Dibaca: 2196 kali 
Jumat, 15 Juli 2022 - 17:50:00 WIB
Magang di Dinas Kominfo Siak, Mahasiswa Dapat Materi Ilmu Jurnalistik Mahasiswa yang tugas magang di Dinas Kominfo Kabupaten Siak diberikan materi dasar-dasar ilmu jurnalistik.

Siak, Hariantimes.com - Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (Kabid IKPS) Dinas Kominfo Kabupaten Siak Aris Dharma mengatakan, mahasiswa yang tugas magang diberikan materi dasar-dasar ilmu jurnalistik.

Tujuannya, agar mereka memahami bagaimana penulisan berita yang baik dan benar sesuai kaidah ilmu jurnalistik.

Karena mahasiswa yang magang konsentrasi penelitiannya rata-rata fokus tentang komunikasi publik dan konten kreator.

“Mereka kita ajar bagaimana menulis dengan baik dan benar sesuai kaidah 5W+1H (what, who, when, where, why dan how). Tidak hanya itu merek kita ajar edit audio dan visual serta konten kreator,”kata Aris ditemui di Ruang Kerjanya, Jum’at (15/07/2022).

Adapun mahasiswa yang melakukan praktek magang di Dinas Komunikasi dan Informatika berasal dari UNRI, IEC Siak, dan dari Universitas Islam Riau (UIR).

Aris berharap, mahasiswa agar serius mengikuti kelas ini, harapnya usai magang minimal mereka memiliki pengalaman bagaimana menulis berita yang benar.

“Kita coba berbagi pengetahuan dengan adik-adik magang, cara menulis hingga tahapan mulai dari bahan berita dari reporter kita, hingga terbit media center kita semuanya ada tahapan,” katanya.

Aris juga menjelaskan  media yang dikelola Bidang IKPS ini seperti Info Publik, Media Center, Kehumasan, Website Pemkab dan Media Sosial, setiap harinya menayangkan info terbaru.

”Press rilis kita juga ditayangkan oleh rekan-rekan media mitra kerja kita,” sebut Aris.(Infotorial)