Beri Pelayanan Terbaik bagi Masyarakat

Kemenkes RI akan Kirim Dokter Spesialis untuk RSUD Tengku Rafian Siak


Dibaca: 2107 kali 
Rabu, 13 Juli 2022 - 14:05:00 WIB
Kemenkes RI akan Kirim Dokter Spesialis untuk RSUD Tengku Rafian Siak Pasien saat di RSUD Tengku Rafian Siak.

Siak, Hariantimes.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak sangat berkomitmen meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Salah satu prioritas dalam hal ini adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter spesialis.

"Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan membantu kita mengirim dokter spesialis baik untuk RSUD T Rafi'an maupun RSUD baru yang ada di Kecamatan Tualang dan beberapa kecamatan lainnya," sebut Direktur RSUD Tengku Rafian, Benny Chairuddin, yang ditemui wartawan, Rabu (13/07/2022).

Di awal tahun 2018, ungkap Benny, Kabupaten Siak satu-satunya kabupaten/kota di Provinsi Riau yang melakukan kerjasama dan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Kesehatan RI dalam memenuhi kebutuhan dokter spesialis.

"Untuk kesejahteraan dokter, Kabupaten Siak termasuk salah satu yang tertinggi di Provinsi Riau dalam pemberian tunjangan dokter spesialis yang bekerja di RSUD. Dengan harapan, para dokter dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," ujar Benny.

Disamping itu, katanya, Pemkab Siak juga akan menyiapkan semua fasilitas kepada para dokter tersebut ketika memulai tugasnya berupa kebutuhan fasilitas alat kesehatan untuk dapat berpraktek di RSUD maupun fasilitas pribadi berupa tempat tinggal beserta isinya serta kendaraan operasional.

"Untuk memberikan pelayanan yang paripurna membutuhkan waktu dan komitmen bersama. Karena RSUD kita ini tergolong baru berdiri dan masih membutuhkan pembenahan serta peningkatan fasilitas yang ada. Kedepan kalau sudah lengkap, kita bisa tingkatkan menjadi RSUD tipe B," ungkap Benny sembari berterimakasih kepada keluarga pasien atau masyarakat yang bersedia menyampaikan keluhannya tentang pelayanan kesehatan di rumah sakit ini. Karena dengan adanya keluhan itu bisa untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terjadi selama ini.

Dikesempatan yang berbeda, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Siak Tony Chandra menuturkan, kesehatan merupakan hak asasi manusia dan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan swasta.

Dikatakannya, keberhasilan pembangunan kesehatan tidak semata-mata ditentukan oleh hasil kerja keras sektor kesehatan saja, melainkan juga dipengaruhi oleh hasil kerja keras serta kontribusi positif berbagai pihak, termasuk peran serta masyarakat.

 “Pembangunan kesehatan harus diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud,” sebut Tony Chandra beberapa waktu lalu.

Salah satu upaya Pemkab Siak, katanya, dalam rangka meningkat SDM adalah dengan memberikan bantuan Tugas Belajar bagi para dokter umum dan dokter gigi untuk melanjutkan Pendidikan Program Dokter Spesialis. Dimana para dokter ini akan kembali ke daerah setelah menamatkan pendidikannya.

"Mereka (dokter) di bantu untuk tugas belajar dokter soesialis, dan akan kembali mengabdi ke Siak setelah selesai pendidikannya," jelas Tony seraya menambahkan, bagi seluruh tenaga kesehatan yang bekerja di instansi pemerintah diberi kesempatan untuk meningkatkan pendidikan maupun kemampuan dan keahlian diri sesuai kebutuhan dan perencanaan anggaran yang ada. Langkah tersebut ditandai adanya kerjasama dengan universitas yang ada di Jepang untuk menerima peserta didik yang dikirim Pemkab. (Infotorial)