Delegasi Pengawasan Haji, Misharti Sayangkan Berita Hoax Terkait Mati Lampu di Terowongan Mina


Dibaca: 1366 kali 
Jumat, 15 Juli 2022 - 20:09:00 WIB
Delegasi Pengawasan Haji, Misharti Sayangkan Berita Hoax Terkait Mati Lampu di Terowongan Mina https://youtu.be/lSVp5km8-Sk

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com Terkait adanya pemberitaan hoax yang menyebar keseluruh penjuru negeri dan daerah, dimana telah terjadinya mati lampu di terowongan Mina disaat para Jamaah Haji tengah berada atau melintasi terowongan tersebut.

Dimana hal ini telah membuat gaduh dan cemas seluruh keluarg dari para Jamaah Haji khususnya asal Indonesia, terutama masyarakat Provinsi Riau. Akan tetapi video dan berita yang beredar tersebut tidaklah benar alias Hoax.

“Terkait dengan pemberitaan hoaks tentu saya selaku Delegasi Pengawasan Ibadah Haji dari Komite 3 DPD RI sangat menyesalkan perbuatan itu dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujar Delegasi Pengawasan Ibadah Haji dari Komite 3 DPD RI Dr Hj Misharti SAg MSi ketika dikonfirmasi HarianTimes.com via selluler pada Jum’at (15/07/2022) malam.

Ketika itu, Misharti yang merupakan Anggota DPD RI asal Provinsi Riau saat dihubungi tengah berada di tanah Mekkah Al Mukarromah, tengah melakukan peninjauan langsung terhadap kondisi Jamaah Haji asal Indonesia.

“Sebagai wakil rakyat yang sekarangpun sedang berada di Mekkah sekaligus melakukan pengawasan terkait dengan pelaksanaan ibadah haji baik itu terkait maktab, katering, transportasi dan Klinik Kesehatan Haji Indonesia sangat menyayangkan berita hoaks itu beredar dan oleh sebab itu saya langsung menanyakan kronologinya kepada kepala Daker (Daerah Kerja) yang ada di Mekkah terkait dengan kejadian tersebut,” kata Misharti yang dikenal dengan si Jilbab Ungu itu.

Kronologi kejadian sebenarnya sesuai laporan dari Kepala Daker, Muhammad Khanif setelah dilakukan pengecekan dan peninjauan langsung kepada Jamaah Haji Indonesia yang tengah menjalankan ibadah hajinya.

“Kronogis kejadian lampu di terowongan Muaisim Mina pada tanggal 11 Dzulhijjah 1443 Hijriyah atau tanggal 10 Juli 2022 Masehi pada sekitar pukul 06.00 (waktu setempat) sempat ada kejadian mati lampu di terowongan Muaisim Mina ke arah jamarot lantai 3. Kejadian ini hanya sebentar lebih kurang 15 sd 25 menit, pintu masuk terowongan ditutup sementara dan dibuka kembali setelah itu lampu menyala lagi. Semua berjalan dengan aman, lancar dan tidak ada insiden apapun, karena jamaah tetap tenang berhenti sambil menunggu nyalanya lampu,” demikian laporan dari Kepala Daker yang diterima Misharti, sang perempuan pejuang aspirasi masyarakat Riau di Senayan itu membeberkan.

Dengan demikian, Misharti menyampaikan kepada para sahabat dan saudara serta seluruh masyarakat khususnya Riau, agar tetap tenang dan do'akan semua keluarga yang tengah berada di tanah suci selalu diberikan Allah SWT kesehatan dan umur yang barokah.

“Saya berharap semoga seluruh Jamaah Haji asal Indonesia terutama Riau selalu di beri kekuatan dan kesehatan sehingga kembali ke tanah air dalam keadaan selamat dan mendapatkan haji yang mabrur,” ucap Misharti mendo'akan.

“Kepada sanak keluarga di Riau tak perlu gelisah, alhamdulillah kemarin saat kunjungan dan silaturrahmi saya dengan jamaah haji asal Provinsi Riau semua dalam keadaan sehat walafiat,” tandas Misharti, sang pejuang rakyat berdarah Melayu Riau itu.*