Idul Adha 1443 H di Lapangan Tugu Bengkalis

Wabup Bagus Santoso Bacakan Sambutan Bupati Kasmarni


Dibaca: 1021 kali 
Ahad, 10 Juli 2022 - 12:17:06 WIB
Wabup Bagus Santoso Bacakan Sambutan Bupati Kasmarni Idul Adha 1443 H di Lapangan Tugu Bengkalis.

Bengkalis, Hariantimes.com - Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso membacakan sambutan Bupati Bengkalis Kasmarni pada acara pelaksanaan Sholat Idul Adha 1443 Hijriyah di Lapangan Tugu Bengkalis, Minggu (10/07/2022).

Tampak hadir pada pelaksanaan Idul Adha di Lapangan Tugu di antaranya Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Dr Hasan Nul Hakim, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami, Kakan Kemenag Drs H Khaidir, jajaran Forkompinda, Pejabat Instansi vertikal, Pejabat lingkup pemkab Bengkalis dan jamaah yang memenuhi lapangan Tugu Bengkalis.

Pada sambutannya, Kasmarni mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk memiliki spirit pengorbanan demi kepentingan yang lebih besar dan lebih luas yaitu cita mulia membangun daerah.

Caranya, dengan berkontribusi maksimal melalui tenaga, pemikiran serta senantiasa bekerja keras dan bersinergi dalam mensukseskan pembangunan daerah menuju terwujudnya kabupaten Bengkalis Bermasa Bermarwah maju dan sejahtera.

Momentum hari raya qurban tahun 2022 agar dapat merefleksikan serta mentransformasikan seluruh nilai yang terkandung pada ibadah haji dan ibadah qurban dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

"Dan yang lebih penting, mari kita menjauhkan segala nafsu hewani karena akan menciptakan benih kesenjangan sosial diantara kita semua," pesan Bupati.

Disamping itu, Bupati juga mengajak mari kuatkan kebersamaan untuk hidup berdampingan dengan penuh ketenangan dan keharmonisan. Mari satukan hati dan batin dalam ikatan persaudaraan.

"Insya Allah tercapai cita cita kita bersama Bengkalis yang bermasa,” ajaknya.

Menyikapi adanya perbedaan pandangan yang sering terjadi di daerah dan bangsa termasuk beda penentuan hari raya Idul Adha tahun ini, menurut Kasmarni, adalah sesuatu yang biasa terjadi, sehingga tak perlu dipermasalahkan. Perbedaan tidak untuk berpecah belah dan tak saling menghormati. Sebaliknya perbedaan harus disikapi secara arif dan bijaksana.

Perayaan Idul Adha tahun ini menjadi pertanda baik. Kenapa? menurut Bupati, berkat ikhtiar dan doa bersama akhirnya diijabah Allah SWT yaitu pemerintah Indonesia telah mendapatkan izin untuk memberangkatkan jamaah haji termasuk dari Kabupaten Bengkalis setelah dua tahun lamanya tertunda akibat musibah cobid-19.

“Ini menjasi spirit baru bagi masyarakat yang telah mendaftarkan haji, namun belum dapat kesempatan berangkat, tetap sabar dan berdoa semoga segera datang gilirannya,” imbuhnya.

Selanjutnya, Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis yang sudah menjalin keharmonisan dalam kehidupan beragama dengan semangat rela berkurban mulai dari lingkungan RT, RW, kelurahan dan desa hingga kecamatan saling bahu membahu bergotong royong membangun mengeri Bengkalis yang dicintai dan dibanggakan.

Diakhir sambutannya, Wabup Bengkalis menyampaikan, Idul Adha tahun ini  pertanda baik seiring dengan tahapan pembangunan serta kekompakkan dan keharmonisan antara pemimpin dan rakyatnya.

“Mari kita doa dan ikhtiar agar Negeri bertuah Bengkalis menjadi negeri yang baldatun toyibatun ghafur, kabupaten yang gemah ripah loh jinawi, tenteram dan damai,” ajak Wabup

Pelaksanaan Idul Adha 1443 H dengan Imam Utdz H Ghufronuddin dan Khatib Utdz H Zulkifli Yahya.

Dalam khutbahnya, Khatib menyampaikan ajaran agar menghilangkan sifat  keangkuhan, kesombongan serta bagi yang diberi amanah kekuasaan dan pengaruh untuk kemaslahtan umat. Karena semua kehidupan, tidak akan kekal selamanya. Hakekat Idul Adha manusia dihadapan Allah SWT sama, yang membedakan ketakwaan terus semangat bertekad untuk kepentingan umat.(*)