Tuntaskan Masalah Banjir

Dinas PUPR Bongkar Beton Penutup Drainase di Beberapa Titik Kota Pekanbaru


Dibaca: 537 kali 
Jumat, 08 Juli 2022 - 20:30:00 WIB
Dinas PUPR Bongkar Beton Penutup Drainase di Beberapa Titik Kota Pekanbaru Dinas PUPR Kota Pekanbaru melakukan normalisasi aliran drainase yang bermasalah.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pekanbaru melakukan pembongkaran beton penutup drainase depan ruko di beberapa titik.

Pembongkaran ini sebagai bentuk normalisasi drainase dalam upaya penuntasan masalah banjir. Pembongkaran terpaksa dilakukan setelah pemilik ruko mengabaikan surat peringatan dari pemerintah kota.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, pihaknya telah membuat surat edaran ke seluruh kecamatan untuk membongkar tutup beton yang tidak memiliki bak kontrol.

"Sudah ada sekitar belasan titik yang kita lakukan pembongkaran. Dan Camat diminta memberikan surat teguran 1, 2, dan 3 hingga dilakukan pembongkaran jika tetap mengabaikan peringatan tersebut," terang Indra Pomi, Jumat (08/07/2022).

Menurutnya, pembongkaran beton penutup drainase ini telah dilakukan di ruas Jalan HR Subrantas, Delima, dan Soekarno Hatta. Kegiatan pembersihan ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi optimal drainase. Sehingga, aliran air dapat ditampung drainase.

"Kita harapkan pemilik ruko bisa melakukan pembongkaran sendiri. Karena surat edaran telah kita edarkan sejak Juni kemarin," ulasnya.

Dari pantauan di lapangan, banyak ruko yang tak membuat bak kontrol di atas parit. Sehingga, penyebab tersumbatnya drainase tak diketahui. Dari bak kontrol, aliran air drainase malah tergenang.(*)