Kontingen FORNAS Riau Berangkat ke Palembang, Masrul: Saya Yakin Riau Jadi Juara Umum


Dibaca: 1072 kali 
Kamis, 30 Juni 2022 - 23:01:55 WIB
Kontingen FORNAS Riau Berangkat ke Palembang, Masrul: Saya Yakin Riau Jadi Juara Umum Kontingen FORNAS VI Provinsi Riau berangkat ke Kota Palembang, Sumsel.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Kontingen Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) VI Provinsi Riau berangkat ke Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Keberangkatan Kontingen FORNAS ini dilepas Gubernur Riau Syamsuar diwakili Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau Masrul Kasmy di halaman Gedung Wanita, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Kamis (30/06/2022).

Pelepasan ditandai dengan pemasangan jeket kontingen FORNAS Riau kepada sepasang atlet oleh Masrul Kasmy.

Kemudian foto bersama. Selanjutnya, 209 orang atlet dari berbagai induk orahraga (inorga) naik ke lima bus yang membawanya ke Palembang.

Hadir pada pelepasan itu Kadispora Riau Bobby Rachmat dan Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Riau Doni Aprialdi SH MH.

Ketua KORMI Provinsi Riau Doni Aprialdi melaporkan, pihaknya mengirim 420 atlet dan official dari 23 induk olahraga (inorga) ke FORNAS VI yang akan berlangsung di Palembang, Sumsel pada 01 hingga 07 Juli 2022.

''Sekitar 50 orang sudah sampai di Pelembang. Besok akan berangkat lagi satu bus dan beberapa mobil,'' sebut Doni sembari menyampaikan, para atlet ini berangkat dengan semangat dan untuk mengharumkan nama daerah Riau.

''Kita berangkat dengan mandiri karena memang belum ada bantuan dari Pemerintah Daerah. Beberapa bantuan dari pihak lain, baik perusahaan maupun pribadi, belum mencukupi. Namun mereka tetap semangat berangkat dengan biaya mandiri,'' kata mantan Kadispora Riau itu.

Dikatakan, biaya transportasi sekitar Rp55 juta dan penginapan sekitar Rp120 juta belum lunas, baru dibayar uang muka. Mereka dapat bantuan dari pengusaha Dedi Handoko Rp10 juta, PT RAPP Rp5 juta, dan Bank Riaukepri baru disetujui Rp10 juta. Sebelumnya dari iuran inogra terkumpul Rp20 juta.

'Nasi 200 kotak pagi ini dari Pemko Pekanbaru dan 200 kotak snack dari Biro Umum Pemprov Riau,'' kata Doni.

Jadi, masih banyak keperluan yang harus ditutupi. Namun pihaknya tetap optimis semua kebutuhan akan tertutupi bila Pemerintah Provinsi Riau turun tangan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dispora Riau agar biaya keberangkatan dapat dibantu melalui APBD Riau. Awalnya, proposal sebesar Rp4 miliar dengan catatan naik pesawat. Setelah diverifikasi, dikurangi jadi Rp450 juta, karena naik bus. Bahkan ketika diusulkan ke Bappeda Riau jadi Rp400 juta. Namun setelah APBD disahkan, dana FORNAS ini hilang dari APBD Riau," beber Doni.

Namun, kata Doni, setelah dirapatkan dengan inorga, bukan menyurutkan tekad mereka untuk berangkat. Malahan makin semangat berangkat dengan biaya masing-masing.

''KORMI tentu tak mungkin lepas tangan,''  ujarnya.

Akhirnya disepakati ikut dan berangkat ke Palembang memakai bus. Pihak KORMI telah mencarter lima bus, dan selebihnya mobil pribadi.

''Saya panjar aja dulu, biar atlet bisa berangkat. Soalnya bus juga susah masa liburan ini,'' kata Doni.

KORMI Riau menargetkan memperoleh medali dan jadi juara. Sebab, kata Doni, mereka mengikuti 23 indorga dari 52 indorga yang dipertandingkan. Apalagi para atlet telah latihan setahun lebih. ''Kita yakinlah bisa juara dan meraih medali,'' ujarnya.

KORMI dulunya bernama FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia). Tapi  setelah Munaslub 2021 dan terbentuknya UU Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan, FORMI diubah jadi KORMI dan menghilangkan kata rekreasi.

Menurut Doni, KORMI  mendukung kebijaksanaan nasional Disain Besar Olahraga Nasional (DBON). KORMI ikut mewujudkan  Indonesia Bugar 2045.

''KORMI adalah ujung tombak di setiap daerah dalam memasyarakatkan  olahraga dan mengolahragakan masyarakat,'' sebut Doni.

Dari 23 inorga yang akan diikuti Riau, di antaranya Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia, Federasi Seni Panahan Tradisional Indonesia,  Ikatan Langkah Dansa Indonesia, Yayasan Jantung Indonesia, B Boyindo, Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia, dan  Persatuan Raga dan Fisik Indonesia.

Gubernur Riau melalui Asisten I Setda Riau Masrul Kasmy berjanji akan membantu dengan menggalang dana dari Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Sebagai wujud niat baiknya, Masrul langsung membantu Rp5 juta.

''Saya pribadi akan bantu Rp5 juta,'' ujarnya.

Masrul tampak bersemangat melihat atlet-atlet yang akan berangkat bersemangat.

Bahkan, Masrul meminta atlet dansa untuk memperagakan seni dansa di depan dirinya. Tanpa musik, anak-anak tersebut berdansa didepan Masrul dan undangan lainnya.

Meskipun berangkat dengan segala keterbatasan, Masrul berharap atlet-atlet berbagai inorga yang tergabung dalam KORMI Riau pulang dengan prestasi gemilang.

''Medali emas adalah harapan setiap atlet. Saya yakin Riau pulang dengan membawa medali dan jadi juara umum,'' ujarnya.(*)