Hai, Kamu Duren Apa Kedondong?


Dibaca: 2237 kali 
Kamis, 30 Juni 2022 - 10:08:12 WIB
Hai, Kamu Duren Apa Kedondong? Duren memang penuh duri di luarnya, namun begitu lembut dan legit manis di dalamnya.

Oleh: Bagus Santoso, Wakil Bupati Bengkalis

"Duren memang penuh duri di luarnya, namun begitu lembut dan legit manis di dalamnya. Kedondong memang nampak halus dilihat dari luarnya, namun memiliki biji berduri dan rasanya asam”

Saat ini Pulau Bengkalis sedang puncak musim duren. Rasa legit manis duren Bengkalis terkenal tak ada tandingnya. Tersebab Ph tanah yang mendukung serta perpaduan iklim udara laut dan daratan yang bersekutu menghasilkan cita rasa duren  tak ada duanya.

Empat hari lalu sabtu 26 juni 2022 aku turut serta bersama Gubri Syamsuar asyik gebyar makan duren di desa Berancah kecamatan Bantan. Begitu meriah nan bahagai bisa berkumpul pepat dengan masyarakat. Pokoknya gebyar makan duren keren.

Tulisan ini tak mengupas heboh makan duren. Ini edisi lain yang mengupas makna hidup dan kehidupan dari buah duren. 
Menjalani kehidupan, anda pasti sering menjumpai seseorang ternampak begitu kesar luarnya namun ternyata ia begitu lembut hatinya. Ada pula orang yang telihat begitu lembut di luarnya, namun dalam hatinya mempunyai sifat-sifat buruk yang ditutupinya.

Memang kita tidak bisa dengan serta merta menilai orang dari luarnya, boleh jadi itu memang berbeda dengan hatinya. Penampilan setiap orang itu memang berbeda-beda, bahkan banyak yang terlahir dengan penampilan fisik yang sepertinya kasar, galak, judes bahkan kesan menyeramkan. Namun ternyata dia begitu penyayang, baik hati, sopan, bahkan sangat penyayang saat kita sudah mengenalnya. Ada pula yang terlahir dengan paras yang begitu halus, imut, manis, atau sangat kalem. Namun ternyata dia seram, galak dan suka merajuk. 
Begitulah kiranya tentang kiasan  durian dan kedondong. Sesuatu bisa kita lihat dari luar, namun untuk memahami sesuatu harus juga kita sabar membaca dari dalam. Tampilan fisik bisa direkayasa, kita tidak pernah tahu isi hati itu seperti apa.

"Seperti Duren, orang kadanh terlihat begitu keras berduri dari luarnya, namun ternyata ia begitu lembut hatinya. Seperti Kedondong, orang terkadang terlihat begitu lembut dan halus luarnya. Namun ternyata ia penuh duri di dalamnya."

Nah  anda masuk golongan duren apa kedondong. Keduanya ada manfaatnya kok, duren manis keren, kedondong masam menyegarkan.(*)