Dialog Pembauran Pembauran Kebangsaan, Wagubri: FPK Rumah Besar Paguyuban di Riau


Dibaca: 786 kali 
Kamis, 23 Juni 2022 - 23:35:00 WIB
Dialog Pembauran Pembauran Kebangsaan, Wagubri: FPK Rumah Besar Paguyuban di Riau acara Dialog FPK Provinsi Riau di Hotel Alpha Pekanbaru, Kamis (23/06/2022) malam.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution mengatakan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) sebagai rumah besar dan wadah dialog masyarakat dan pemerintah.

FPK juga sebagai wadah aspirasi antar masyarakat untuk memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan, khususnya di Provinsi Riau.

"FPK ini menjadi sebuah rumah besar untuk tempat berkomunikasi, mengumpulkan aspirasi oleh seluruh paguyuban yang ada di Provinsi Riau," sebut Wagubri saat menjadi pembicara pada acara Dialog FPK Provinsi Riau di Hotel Alpha Pekanbaru, Kamis (23/06/2022) malam.

Kegiatan Dialog FPK Provinsi Riau juga menghadirkan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting dan Ketua FPK Provinsi Riau AZ Fachri Yasin sebagai pemantik acara.

Menurut Wagubri, tugas Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) yaitu menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan dan menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku dan masyarakat.

Saat ini, lanjut Brigjen TNI (Purn) Edy Natar, dibawah kepemimpinan Ketua dan Pengurus FPK Provinsi Riau, komunikasi dan dialog itu selalu terbangun baik secara formal maupun secara informal.

"Beliau selalu membangun komunikasi dengan saya, walaupun secara tidak formal dan beberapa waktu bertemu secara langsung dan ini sangat saya rasakan," ujar Wagubri.

Ditambahkannya, bahkan ketika ada sedikit saja hal-hal yang mungkin berpotensi untuk terjadi sesuatu yang mengarah kepada ketidakharmonisan atau mengganggu kondusifitas, itu akan segera diambil langkah pencegahan.

"Kondisi itulah yang menyebabkan dalam 3 tahun terakhir, kalau kita lihat ketenangan kehidupan berbangsa dan bernegara di Provinsi Riau ini, itu sangat tercipta dengan sangat baik juga," ujarnya.

Oleh karena itu, Wagubri berharap Pengurus FPK Provinsi Riau dapat berperan aktif dan secara bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sekaligus FPK Provinsi Riau ini menjadi wadah komunikasi dan aspirasi masyarakat dari berbagai latar belakang ras, etnis, suku, budaya dan agama.

"Yang hebat itu tidak hanya bisa diselesaikan dengan hanya sendirian. Ini dilakukan dengan secara bersama-sama dan rekan-rekan paguyuban yang ada di Provinsi Riau ini semuanya sampai hari ini melakukan komunikasi dengan sangat baik," katanya.(*)